Mentawai

Air Terjun Pujujurung yang Exotis di Bumi Sikerei yang Tersembunyi

Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak hanya memiliki keindahan wisata budaya dan surfingnya tapi juga alamnya nan elok. Salah satunya lokasi air terjun Pujujurung di Desa Goiso Oinan, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Untuk mencapai lokasi tersebut, dari pelabuhan Tuapeijat menuju Desa Goiso Oinan sekitar 30 menit dengan menggunakan sepeda motor mengarah ke Selatan Pulau Sipora.

Selama perjalanan tersebut, Anda akan melintasi pusat pemerintah Kabupaten Kepulaan Mentawai, termasuk desa-desa yang ada di Kecamatan Sipora Utara.

Kendaraan roda dua akan berhenti setelah melewati Desa Goiso Oinan, kemudian dibagian kanan jalan ada jalan setapak atau jalan perladangan warga. Kondisi jalannya tidak terlalu menanjak. Jarak lokasi Air Terjun Pujujurung ini ada sekira 100 meter dari bibir jalan raya Tuapeijat-Sioban.

Sesampai di lokasi, Anda akan disambut beberapa batu lempung besar atau batu liat berwarna abu-abu. Dari balik itu sudah langsung muncul air terjun dan derasnya air yang turun ke bawah. Meski tidak tinggi seperti air terjun daerah lainnya, Air Terjun itu sangatlah menarik untuk disambangi. Ketinggian air terjun ini beragam, memiliki ciri bertingkat-tingkat.

Rimbunan pohon-pohon tinggi serta semak-semak ini menutupi lokasi tersebut. jika Anda  baru datang ke lokasi ini pastinya Anda akan tertipu jika tidak bertanya. Sebab lokasi air terjun terhalangi oleh semak dan kayu-kayu. Air terjun Pujujurung ini hulunya di perbukitan Goiso Oinan, memiliki air yang bersih dari akar-akar kayu yang menyerap air hujan mengalirkan ke hilir sungai.

Nah penasaran kan kenapa air terjun ini dinamakan Air Terjun Pujujurung?

Menurut warga sekitar, pujujurung adalah nama dari bahasa Mentawai, yang artinya gemuruh air yang turun dari atas.

“Kalau saat musim hujan gemuruh air ini akan terdengar keras makanya kita namakan Pujujurung,”

Air terjun ini katanya, digunakan masyarakat sebagai sumber irigasi. Irigasi ini tidak seperti irigasi yang ada pada umumnya, karena airnya mengalir ke setiap sawah-sawah warga.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags
Close
Close