Kuliner

Ayam Batokok Lado Hijau Khas Minang yang Super Lezat

Photo: IG @cheche_kitchen

“Ayam Batokok Lado Hijau” merupakan salah satu menu wajib yang harus anda coba jika berwisata kuliner ke Sumatera Barat. Dimasak menggunakan bahan rempah-rempah pilihan tanpa MSG.

Masyarakat Minangkabau memang tidak bisa dilepaskan dengan cabai, baik itu cabai merah, hijau, maupun rawit. Hampir semua masakan khas ranah minang menggunakan cabai sebagai salah satu bumbunya. Masakan yang disertai cabai biasanya diberi tambahan nama balado.

“Jika dilihat, tampilan dari ayam gorengnya begitu polos, sederhana, seperti hanya direbus dan tak diberi bumbu. Tetapi jangan ditanya rasanya. Ayamnya sangat gurih lembut dengan cocolan sambal lado berwarna hijau menyala. Ini dia Ayam Batokok Khas Minangkabau yang Populer di Sumatera Barat. Aduhai lamaknyo!”

AYAM BALADO

Sebenarnya ayam balado tidak hanya menggunakan cabai merah, tapi juga menggunakan cabai hijau. Balado sendiri dalam bahasa minang berarti dicampur lado (cabai dalam bahasa minang).

Rasa ayam balado hijau tidak kalah dengan yang dicampur cabai merah. Cabai hijau yang dihaluskan kemudian digoreng dengan campuran bawah dan bumbu lain akan mengeluarkan aroma yang sangat menggoda. Aroma cabai hijau berbeda dengan cabai merah. Ia punya aroma khas tersendiri.

Rasa ayam balado hijau tentunya juga khas dan punya keunggulan tersendiri dibanding dengan ayam balado merah. Anda tertarik menjajalnya untuk disuguhkan bagi buah hati di rumah?

AYAM BATOKOK

Ayam Batokok mirip seperti ayam penyet, alias ayam yang digreprek atau dipukul supaya penyet. Batokok sendiri artinya adalah dipukul. Tujuannya supaya dagingnya menjadi lebih lembut dan bumbunya lebih meresap. Menu khas Minang ini tidak selalu bisa dijumpai di restoran Padang.

Ayam penyet yang biasanya sambalnya disajikan di cobek di atas sambal merah, Ayam Batokok disajikan dengan sambal cabe hijau yang disebut lado hijau. Lado hijau dibaluri pada ayam goreng dengan bentuk yang kasar, sehingga rasa pedas dan harum bumbu-bumbunya lebih meresap dan berbaur dengan gurih dan renyahnya daging ayamnya.

Lihat juga :   Lembah Harau: Cagar Alam dan Suaka Margasatwa dengan Kekayaan Wisata Alam

Hal penting dalam membuat Ayam Batokok yang lezat adalah memproses daging ayam agar empuk dan bumbunya meresap. Ada 3x tahap yang dilakukan, dari mulai proses pencampuran ayam dengan bumbu-bumbu, kemudian digoreng dengan tingkat kematangan yang pas. Langkah selanjutnya adalah membalurkan lado hijau yang telah disiapkan sebelumnya.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close