KulinerVideo

Gulai Ayam Itam Galundi Makanan Khas Nagari Sulit Air, Sumatera Barat

Berwisata di Sumatera Barat tidak harus berbicara tentang pemandangan alam yang memesona ataupun kebaikan dari penduduk lokal. Namun, kita juga harus tau tentang macam-macam makanan khas di setiap kota/kabupaten yang menggugah selera. Kuliner Sumatera Barat (Minangkabau) yang kaya dengan citarasa, selalu membuat penasaran dan ketagihan untuk mencicipinya.

Di Provinsi Sumatera Barat, terutama di Kabupaten Solok terdapat satu kuliner Khas dari Nagari Sulit Air yang merupakan salah satu nagari terluas di Sumbar yang sayang sekali untuk dilewatkan. Gulai Ayam Itam Galundi adalah nama dari kuliner khas yang satu ini dengan ayam dan biji galundi sebagai bahan pokoknya. Galundi adalah sebuah nama pohon.

Pohon Galundi bagi Orang Asli Nagari Sulit Air

Pohon Galundi tidak berasal dari Nagari Sulit Air, melainkan pohon ini bisa hidup dimana-mana. Di beberapa daerah di Indonesia juga bisa ditemukan dengan mudah. Dulu pohon ini tumbuh dengan subur di pantai selatan DIY dan Parang Tritis. Di rawa-rawa hutan Kalimantan Tengah juga banyak ditemukan pohon ini. Akan tetapi, pohon galundi sepertinya diperlakukan sebagai tumbuhan liar, yang tidak memiliki banyak sekali manfaat.

Biji galundi. Foto: detikfood

Namun, di Nagari Sulit Air, Pohon galundi yang memiliki buah bulat berdiameter 3-5 cm ini biasa digunakan warga sebagai bahan utama masakan yang istimewa, yakni sambal itam.

Orang asli nagari Sulit Air di perantauan banyak juga menanam pohon galundi di pekarangan rumahnya. Hal ini dilakukan sebagai tanda bahwa yang punya rumah adalah orang Sulit Air. Hal lainnya adalah, pemilik rumah biasanya suka membuat masakan sambal itam sebagai menu kesukaannya.

Biji Buah Galundi

Biji buah galundi sungguh menarik perhatian. Bentuknya menyerupai merica, tetapi ia berwarna hitam. Penggunaan biji buah galundi akan membuat masakan yang dimasak berubah menjadi warna hitam legam.

Lihat juga :   Quiz Mencari Kata Tentang Gurun

Biji buah galundi banyak digunakan warga Nagari Sulit Air. “Mereka mempercayai bahwa biji buah galundi memiliki khasiat untuk meredakan panas dalam, menahan sakit, dan menyembuhkan demam,” kata Uni Reno.

Biji buah galundi melewati banyak proses sebelum bisa ditambahkan ke dalam masakan yang akan dibuat. Antara lain dimasak seperti merendang, kemudian ditumbuk halus sampai jadi serbuk, serbuk tersebut disaring, baru setelah itu bisa ditambahkan ke dalam masakan.

Penasaran seperti apa Gulai Ayam Itam Galundi ini, yuk lanjutkan membacanya!

Gulai Ayam Itam Galundi Khas Nagari Sulit Air

Ayam masak hitam atau biasa juga disebut gulai hitam, berawal dari Nagari Sulit Air di Kecamatan X Koto Diateh, Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Dimasak menggunakan rempah-rempah tradisional seperti memasak gulai pada umumnya. Biji galundi kemudian dimasukkan ketika gulai sudah dalam keadaan setengah matang. Walaupun masakan ini memiliki penampilan warna hitam, gulai ayam galundi yang dihasilkan tetap memiliki tekstur yang empuk dan citarasa yang nikmat layaknya gulai pada umumnya.

Seperti masakan brongkos dan rawon yang berasal dari tanah Jawa, menggunakan pewarna alami supaya bisa menciptakan warna hitam pada masakannya. Kalau kedua masakan tersebut menggunakan pewarna alami dari buah keluwek pada saat proses memasak, olahan daging ayam dari Nagari Sulit Air ini hanya perlu menambahkan buah galundi.

Biji dari buah pohon galundi terlebih dahulu dimasak dengan cara merendangnya ke dalam periuk. Setelah gosong dan berubah warna jadi hitam, biji tersebut ditumbuk sampai halus hingga menjadi seperti serbuk. Serbuk galundi yang berwarna hitam pekat ini akan dicampurkan ke dalam berbagai masakan gulai, misalnya gulai ikan maco dan gulai ayam, maka jadilah ia sambal itam, kebanggaan masyarakat Nagari Sulit Air.

Lihat juga :   Sosialisasikan Perda RZWP-3-K, Nasrul Abit ingin Pelaku Usaha dan Pariwisata Sumbar Meningkat

Gulai Ayam Itam Galundi dibuat berdasarkan resep yang telah dibuat oleh nenek moyang orang asli Nagari Sulit Air. Sehingga rasa dan bentuk sambal itam tidak berubah. Gulai ini menjadi menu wajib yang harus selalu dihidangkan ketika ada acara-acara besar disini. Misalnya pada acara pertemuan keluarga, acara keluarga, dan perayaan hari raya umat islam.

Berikut ini video Gulai Ayam Itam Galundi dari uni @RenoAndam:

Uni Reno mengatakan, “Sebagai perbandingan, waktu itu saya memasak dua ekor ayam, kemudian serbuk galundi yang dipakai sampai tiga sendok nasi.” Meski mejadikan tampilan masakan gulai berwarna hitam legam, serbuk galundi tidak mengubah rasa masakan. Pada masakan gulai ayam yang sudah ditambahkan galundi, rasa masakannya tetap dominan gulai ayam.

Sumatera Barat dianugerahi kekayaan kuliner yang luar biasa. Gulai Ayam Itam Galundi menjadi salah satu contoh kekayaan kuliner Nagari Sulit Air, Sumatera Barat berupa masakan berwarna hitam pekat dan memiliki citarasa yang khas. Hal ini menjadi sebuah kekuatan yang dimiliki Sumatera Barat dan menjadi modal untuk bertahan dari terpaan modernisasi global. Tidak hanya kenikmatan dari Gulai Ayam itam Galundi, manfaat yang kita dapat dari masakan ini cukup banyak terutama untuk kesehatan.

User Rating: 5 ( 2 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close