Video

Gulai Ayam Itam Galundi Makanan Khas Nagari Sulit Air, Sumatera Barat

Kawasan Sumatera Barat dikenal dengan panganan yang mempunyai citarasa ‘tebal’. Berkat penggunaan berbagai macam rempah-rempah dan proses memasak yang cukup lama sehingga bumbu meresap sempurna. Salah satu kuliner Sumatera Barat yang bahkan sudah mendunia adalah nasi Padang. Namun, tidak hanya Padang yang memiliki panganan khas. Kota satu provinsinya, yaitu Solok pun memiliki kuliner berwarna hitam disebut gulai ayam itam galundi.

Gulai Ayam Itam Galundi Makanan Khas Nagari Sulit Air, Sumatera Barat

Ayam masak hitam atau bisa juga disebut gulai hitam, bermula dari Kampung Sulit Air, Solok. Dimasak dengan rempah-rempah seperti memasak gulai. Galundi ditambahkan pada saat gulai setengah matang. Walau memiliki penampilan berwarna hitam, gulai ayam galundi memiliki tekstur empuk dan citarasa yang gurih layaknya gulai pada umumnya.

Seperti halnya rawon dan brongkos, masakan yang berasal dari Jawa, menggunakan pewarna alami untuk menghasilkan warna hitam pada masakan. Kalau kedua makanan tersebut mencampur buah keluwek saat proses memasak, olahan ayam dari Sulit Air ini menambahkan buah galundi. Sebelum dipakai, biji galundi dipanaskan di dalam periuk tanah liat. Setelah gosong, biji ditumbuk sampai halus.

Bumbu berwarna hitam ini biasa disebut sambal hitam yang dibuat berdasarkan resep turun temurun. Sehingga citarasa sambal hitam tidak berubah. Gulai ayam galundi merupakan menu wajib yang harus selalu dihidangkan setiap ada acara besar. Seperti pertemuan keluarga, perayaan hari raya, dan juga pernikahan.

Biji galundi. Foto: detikfood

Biji Galundi

Biji galundi yang menarik perhatian. Bentuknya seperti merica hanya saja berwarna hitam. Pemakaian biji galundi membuat masakan benar-benar berwarna hitam legam.

Biji galundi banyak dipakai masyarakat di daerah Sulit Air. “Mereka memercayai bahwa galundi ini ada khasiatnya. Untuk menahan sakit, meredakan panas dalam, dan demam,” sambung Uni Reno.

Lihat juga :   Kue Kareh-Kareh, Kuliner Tradisional Asli Sumatera Barat

Biji galundi melewati proses panjang sebelum bisa dimasukkan dalam masakan. Antara lain digongseng, ditumbuk halus, disaring, baru habis itu dimasukkan ke dalam makanan. Pemakaiannya pun terbilang banyak.

Uni Reno mengatakan, “Sebagai perbandingan, waktu itu saya masak 2 ekor ayam, galundi yang dipakai sampai sekitar 3 sendok nasi.” Meski membuat tampilan masakan hitam legam, biji galundi tak mengubah rasa makanan. Pada ayam galundi yaitu gulai ayam dengan tambahan biji galundi, rasa hidangannya tetap dominan gulai ayam

Berikut ini video Gulai Ayam Itam Galundi dari uni @RenoAndam:

User Rating: 5 ( 1 votes)
Source
travelingyukfood.detik.com
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close