Nasional

3 Event Sumbar Masuk Calender of Event (CoE) Indonesia 2020

Tiga event Sumatera Barat masuk ke dalam (Calender of Event) CoE Indonesia 2020. Hal ini akan memberikan dampak sangat besar dalam meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Sumatera Barat.

Program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang bertujuan mempromosikan semua destinasi pariwisata di Indonesia ini diluncurkan bersamaan dengan dihadirinya seluruh perwakilan 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Dengan dimasukkannya berbagai event-event pariwisata ke dalam Calender of Event (CoE) Indonesia, diharapkan akan memudahkan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk mengetahui informasi dan jadwal event di setiap provinsi di Indonesia.

Sebanyak seratus iven pariwisata terbaik dan pilihan dari masing-masing provinsi akan dilaksanakan pada tahun 2020, hal ini akan berdampak positif bagi wisman dan wisnur dalam mengatur jadwal liburan dan mengetahui event pariwisata apa saja yang ada di Indonesia.

Untuk provinsi Sumatera Barat, ada tiga event unggulan yang masuk ke dalam Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020, yaitu Sawahlunto Internastional Songket Silungkang Carnival (SISSCa), Tour de Singkarak (TdS), dan Festival Pesona Minangkabau.

Tour de Singkarak menjadi salah satu iven terbesar dan termahal di Sumbar yang telah dilaksanakan hampir setiap tahun mulai dari tahun 2009 silam. Iven ini telah menarik perhatian wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Selain bertujuan untuk lomba balapan sepeda, iven ini juga bertujuan menjadi ajang dalam mempromosikan destinasi pariwisata di tiap kota dan kabupaten di Sumbar.

Selanjutnya, Sawahlunto Internastional Songket Silungkang Carnival (SISSCa) merupakan salah satu iven budaya di kota Sawahlunto yang mengangkat tema tentang penggunaan dan pelestarian songket khas Sawahlunto. Event ini berkolaborasi dengan semua pihak dan para pelaku ekonomi kreatif terkait dengan hal fashion.

Terakhir yaitu event Festival Pesona Minangkabau. Festival ini merupakan sebuah acara yang menampilkan atraksi budaya dan seni khas Minangkabau. Festival ini biasanya menampilkan beberapa acara seperti: Pagaruyung Expo, pertunjukan tari kolosal, acara pameran matrilineal, acara pacu jawi, acara pacu kudo, karnaval, dan pemutaran beberapa film khas Minangkabau melalui bioskop keliling.

Lihat juga :   Taste of Padang Dipromosikan di Balap Motor Oneprix-Indonesia

Event TdS, SISSCa, FPM yang telah masuk ke dalam (Calender of Event) CoE Indonesia 2020, sudah memperhatikan dan memenuhi aspek 3C, yakni, communication value, culture value dan commercial value.

Setiap iven yang ditampilkan memiliki berbagai hal unik dari kebudayan khas daerah tersebut. Ketiga ivent ini bertujuan salah satunya menjadi ajang mempromosikan pariwisata Sumatera Barat kepada wisatawan. Dengan adanya kunjungan wisatawan ke daerah-daerah di Sumatera Barat, maka ekonomi masyarakat bisa tumbuh dan bergerak.

Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close