Kabupaten Solok

Indahnya Danau Ateh, Jadikan Sumatera Barat Seperti di Eropa

Danau Ateh merupakan sebuah danau yang terletak di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini bersama-sama dengan Danau Bawah, yang dikenal sebagai Danau Kembar.

Luas Danau Ateh adalah 1,720 meter persegi dengan panjang 6,25 kilometer serta lebar 2,75 kilometer. Permukaan airnya berada di ketinggian 1.600 meter mdpl. Untuk kedalamannya sekitar 44 meter.

Danau Diatas merupakan sebuah danau yang masuk kategori dangkal, titik terdalam danau ini hanya 44 meter

 

Photo: Instagram @geligelo

Uniknya, yang disebut Danau Di Bawah adalah danau yang lokasi berada di atas, sedang Danau Di Atas adalah yang lokasinya berada di bawah. Bingung ya? Keindahannya bikin kebingungan kamu terbayar kok.

 

Anda dan keluarga tidak hanya bisa mengagumi keindahan pemandangan dan riak-riak kecil danau, jika berkunjung ke Danau Ateh, kamu bisa melakukan wisata air berkeliling danau menikmati jernihnya air, melihat ikan-ikan kecil berenang dengan menyewa perahu seharga 5.000 rupiah per orang. Atau kamu bisa melakukan outbound dan trekking. Jika lelah sehabis berwisata air, kamu bisa istirahat di gazebo pinggir danau atau membeli pernak-pernik oleh-oleh yang dijajakan di warung-warung kecil.

Cara Menuju Kesini

Lokasi Danau Ateh ini nggak begitu jauh jika kamu berangkat dari kota Padang. Hanya sekitar 60 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam. Dan akses menuju danau ini sangat ramah wisatawan. Bahkan mobil pribadi bisa diparkir hingga ke tepian danau. Kamu bisa stel camping dangan mobil VW Combi deh ini.

Atau jika kamu ingin menggunakan angkutan umum, dari kota Padang kamu tinggal naik bis antarkota dalam provinsi menuju Alahan Panjang atau Muaralabuh dengan ongkos sekitar 20.000 rupiah. Selain ongkos yang murah, di perjalanan kamu akan dihibur juga oleh asrinya perkebunan teh PT Perkebunan Nusantara VI Kebun Danau Kembar. Jika dalam perjalanan kamu sudah merasakan hawa sejuk, berarti tujuanmu sudah dekat. Dan hawa 14-16 derajat Celcius sedang menanti kamu di sana. Jangan lupa bawa jaket!

Lihat juga :   Tingkatkan SDM, Dinas Pariwisata Sumbar Goes To School

Setelah sampai di Pasar Simpang, tempat pemberhentian bis, kamu harus menyambung langkah menggunakan ojek. Di sana nanti kamu tinggal memilih, akan berjalan turun menuju Danau di Atas atau berjalan naik ke atas menuju Danau di Bawah. Di sekitar kawasan Danau Kembar ini akan kamu temui banyak warga lokal yang menjajakan bunga berwarna merah yang disebut Bungo Sarai Gunuang. Bunga ini cocok banget dijadikan oleh-oleh karena bisa bertahan sangat lama. Harga per buketnya dari 5.000 hingga 15.000 rupiah.

Yang Bisa Dilakukan

Anda bisa bersantai, tracking, outbond, olahraga air, memancing dan berfoto dengan keindahan alam Danau Ateh sambil mencicipi berbagai kuliner khas disini.

Fasilitas Wisata

Fasilitas pendukung pariwisata di seputaran Danau Ateh: Lahan parkir yang luas, kios-kios souvenir, rumah makan, hotel, penginapan, masjid/musholla, toilet.

User Rating: 5 ( 2 votes)
Source
hipwee.com
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close