Sumbar

Menikmati Pesona Danau Singkarak dari 9 Lokasi yang Sangat Indah

Salah satu objek wisata alam yang terkenal di Sumatera Barat adalah Danau Singkarak. Letaknya di Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Jaraknya sekitar 70 km dari Kota Padang.

Danau ini merupakan danau terbesar di Sumatera Barat dan menjadi danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba, Sumatera Utara. Luas danau ini mencapai 1000 hektar, dengan kedalaman sebesar 268 meter dan berada di ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut.

Danau Singkarak merupakan danau terbesar di Sumatera Barat.

 

Berikut ini 9 lokasi yang sangat indah untuk bisa menikmati pesona Danau Singkarak:

 

©Photo: Muhammad Rizky Pratama

1. PUNCAK THAILAND

Puncak Thailand, merupakan salah satu lokasi wisata yang berada di kawasan Danau Singkarak. Nama asli dari tempat ini adalah Puncak Bukik Palau yang terletak di Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Jika Anda dari Kota Padang, Anda bisa melewati jalur Kota Solok, jaraknya lebih kurang 80 kilometer atau 2 jam perjalanan.

Penasaran kenapa namanya Puncak Thailand?

Puncak ini dinamakan Puncak Thailand karena banyak masyarakat yang tinggal di daerah ini pergi merantau ke luar negeri, diantaranya adalah ke Singapura, Malaysia, dan Thailand. Mereka mengatakan, ada salah satu destinasi wisata di Thailand yang pemandangannya mirip dengan puncak Bukik Palau ini, kemudian mereka memutuskan untuk menamainya Puncak Thailand.

Dari atas puncak ini, Anda bisa melihat hamparan Danau Singkarak yang sangat indah dengan sangat jelas sekali.

 

©Photo: @defri_irfando

2. PUNCAK AUA SARUMPUN

Puncak Aua Sarumpun berada di Nagari Tigo Koto, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah di pagi dan sore hari.

 

©Photo: @kiddrock85

3. PUNCAK PAYO RAPUIH

Puncak Payo Rapuih ini berjarak sekitar 60 kilometer dari Kota Padang, tepatnya berada di Jorong Payo Rapuih, Nagari Batipuah Baruah, Kecamatan Batipuah, Kabupaten Tanah Datar di Provinsi Sumatera Barat.

Oleh masyarakat sekitar, puncak ini disebut juga dengan Puncak Pusaran Angin. Puncak ini berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut atau 350 meter dari permukaan Danau Singkarak.

 

©Photo: @ramadana_s

4. PUNCAK GOBAH

Inilah salah satu objek wisata di Kabupaten Solok yang menyajikan pemandangan danau singkarak dari ketinggian. Puncak Gobah terletak di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Jika dari kota Solok menuju ke sini, jarak yang ditempuh kurang lebih sekitar 20 km.

 

©Photo: @benimonzieur

5. BUKIK CHINANGKIEK

Berada di Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

 

©Photo: tmladventure.blogspot.com

6. PUNCAK AKASIA

Dengan pemandangan indah berupa Danau Singkarak, Gunung Marapi, Gunung Singgalang yang bergandengan dengan gunung Tandikek, Gunung Sago dan Gunung Talang, Puncak Akasia sukses mengobati lelahnya perjalanan.

Puncak Akasia ini terletak di Jorong kacang, Kabupaten Solok atau diperbatasan antara Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat

 

©Photo: @macauduo_paragliding

7. PUNCAK MACAU DUO

Puncak Macau Duo merupakan sebuah bukit yang sangat indah dan sejuk yang sangat bagus untuk dikunjungi terutama bagi orang-orang pencinta alam.

Sepanjang perjalanan menuju ke puncak bukit, mata Anda akan disuguhkan pemandangan asri Danau Singkarak berpadu dengan tumpukan sawah berwarna hijau yang mempesona. Perjalanan yang cukup menguji adrenalin berupa tanjakan dan kelokan yang tajam akan terbayar oleh keindahan alam dari puncak bukit ini.

Puncak Macau Duo terletak di Guguak Malalo, Malalo, Batipuh Selatan (Batipuah Baruah), Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

 

©Photo: @Adrial Antony

8. PUNCAK GAGOAN

Puncak Gagoan berada di Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjuang Siriah, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

 

©Photo: @laydi_yf

9. PANORAMA ANGIN BEREMBUS

Untuk menuju ke destinasi wisata Panorama Angin Berhembus, Anda bisa menuju Nagari Aripan yang berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat Kota Solok atau hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit untuk tiba ke lokasi ini.

Disini, anda bisa melihat Danau terbesar kedua di Sumatera secara penuh beserta lekukan-lekukannya yang tampak membiru.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism
Close
Close