Sumbar

Produktifitas Ekonomi Kreatif Dukung Kemajuan Sektor Pariwisata

Padang – Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Dispar Sumbar) ikut mengapresiasi dan mendukung hadirnya ekonomi kreatif dan karya seni rupa di dalam karya-karya industri kreatif di tempat-tempat strategis pada objek-objek wisata sebagai wujud penguatan sektor pembangunan pariwisata di provinsi Sumbar melalui wisata budaya.

SSRI/SMSR/SMKN 4 kota Padang menjadi salah satu sekolah yang memiliki wadah pendidik sumber daya manusia dalam bidang kesenirupaan dengan adanya kegiatan ekonomi kreatif.

Hal ini dengan jelas dikemukakan oleh Oni Yulfian (Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat), saat menerima kunjungan panitia Hari Ulang Tahun ke-54 SSRI/SMSR/SMKN 4 kota Padang, di ruang kerjanya, Senin (16-09-2019).

Menurut Kepala Dispar Sumbar, keberhasilan dalam pembangunan pariwisata dengan beragam destinasi di provinsi Sumatera Barat sangat ditentukan dengan adanya dukungan banyak pihak dan masyarakat, termasuk dari pelaku ekonomi kreatif dan seni rupa.

Selain itu, yang terpenting dalam pengembangan kepariwisataan Sumbar adalah terus dilakukannya upaya dalam peningkatan kesadaran dengan mempraktikkan konsep sapta pesona. Contohnya dengan tetap menjaga keamanan, kebersihan, dan ketertiban di lokasi-lokasi wisata. kata Oni Yulfian.

Oni Yulfian menjelaskan, dalam aspek seni kriya dan seni rupa dalam ranah industri kreatif, ia berjanji akan bekerjasama dengan seluruh Dinas Pariwisata Kota/Kabupaten se-Sumbar untuk mencari solusi supaya hasil karya-karya industri kreatif dan seni rupa tetap diberi ruang untuk penempatannya.

Misalnya, melalui kegiatan karya seni rupa, membuat cendra mata yang bernilai estetis dengan tidak mengabaikan budaya lokal, mudah untuk dibawa dan kualitas dijamin bagus. Hal itu sangat bisa untuk diwujudkan, karena kita memiliki sumber daya manusia yang cukup dan berkualitas, salah satunya seperti yang dihasilkan siswa-siswi seni rupa, bahkan para alumni SSRI/SMSR (sekarang SMKN 4 kota Padang) dalam bentuk seni patung dalam bentuk mini, kriya batik, seni lukis, dan lainnya, tutur Oni Yulfian.

Lihat juga :   Pasar Ibuh Kota Payakumbuh Raih (SNI) Sertifikasi Standar Nasional Indonesia Melalui Program Kemitraan "Pasar Sejahtera" Yayasan Danamon Peduli

Ketua Umum panitia hari ulang tahun ke-54 SSRI/SMSR/SMKN 4 kota Padang yaitu Zardi Syahrir mengatakan, bahwa momen HUT ke-54 yang berbasis budaya, lebih menitikberatkan dalam bentuk penyegaran kegiatan melalui pendekatan dengan beberapa OPD terkait di provinsi Sumatera Barat, misalnya Dinas Pendidikan melalui kurikulum dan sistem pembelajarannya. Dinas Kebudayaan melalui pendekatan nilai-nilai kebudayaan, misalnya masukan dalam kurikulum berbasis kebudayaan dan bentuk pelatihan. Dinas Koperasi dan UMKM melalui pendekatan pengembangan dan permodalan dan Dispar Sumbar melalui pendekatan ekonomi kreatif dan karya seni rupa melalui karya Industri kreatif yang tersebar di tempat-tempat strategis pariwisata Sumatera Barat. Dengan demikian, melalui kegiatan ini, sekolah bisa bekerjasama dengan Dunia Usaha dan Industri.

Untuk sejumlah alumni yang telah malang melintang di dalam dunia industri kreatif dan seni rupa akan tetap terus menjalin kerjasama yang erat. Kedepannya akan bisa disinergikan dalam bentuk nota kesepahaman atau bentuk lainnya dengan institusi yang relevan. Hal ini dilakukan agar industri kreatif dan seni rupa benar-benar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Pada akhir sesi pertemuan, sekretari umum panitia hari ulang tahun ke-54 SSRI/SMSR/SMKN 4 kota Padang, Muharyadi (pegiat seni rupa, pendidik, dan kurator) memaparkan ada beberapa program yang bersentuhan langsung dengan budaya dan seni, diantaranya adalah lomba seni rupa antar jurusan yang ada di sekolah, menampilkan seni kriya koleksi sekolah dan pameran seni rupa, lomba menggambar tingkat SMP/MTs Negeri/Swasta, melukis beberapa potret tokoh-tokoh publik Sumbar dan kesenian. Pada tahun ini, Panitia berkolaborasi dengan sekolah, orang tua dan keluarga besar para alumni, ujar Muharyadi.

Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close