Nasional

Launching Wonderful Event Sumatera Barat 2019

Tahun 2019 Sumatera Barat mempunyai 52 event unggulan yang merupakan event unggulan 19 kabupaten kota di Sumatera Barat yang dikemas dalam materi promosi Calendar of Event Sumatera Barat (CoE) Sumatera Barat 2019.

Tiga event Sumatera Barat yang merupakan bagian dari 100 wonderful event Kementerian Pariwisata 2019 adalah:
a. Pasa Harau Art And Cultural Festival
b. Festival Pesona Budaya Minangkabau
c. Tour de Singkarak

Pasa Harau Art & Culture Festival 2019 merupakan penyelenggaraan event ke-4 yang akan dilaksanakan tanggal 16 s.d 18 Agustus 2019. Dengan tema Harau The Beautiful Valley. Kegiatan tersebut dipusatkan di Nagari Harau Kec. Harau Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Festival Pesona Budaya Minangkabau dilaksanakan tanggal 4-8 Desember 2019 bertempat di Istano Basa Pagaruyung, Lapangan Cindua Mato dan Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar, Kab. Tanah Datar Sumatera Barat.

Festival Pesona Budaya Minangkabau adalah event Budaya Minangkabau terbesar di Sumatera Barat, digelar dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya Minangkabau. Sebanyak 16 atraksi budaya Minangkabau digelar selama pelaksanaan Festival Pesona Budaya Minangkabau 2019.

Tour de Singkarak (TdS) dilaksanakan pada tanggal 2-10 November 2019. Tahun ini merupakan pelaksanaan TdS yang ke 11 dengan tema Connecting Sumatera.

“Setiap bulan ada empat Event pariwisata yang berlangsung di Sumbar. Banyaknya Event ini menunjukan keseriusan para pemimpin daerah termasuk gubernur, walikota ataupun bupati di Sumbar dalam memajukan pariwisata. 50 persen keberhasilan pariwisata di daerah ditentukan oleh CEO Commitment,” ujarnya dalam ‘Launching Calendar of Event Sumatera Barat 2019’ di Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Rabu, (14/8), yang dihadiri AkuratTravel.

Sementara, menurut Gubernur Sumbar, H. Irwan Prayitno, Sumbar terus akan mempromosikan daerahnya dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbar. Terbukti, dengan giatnya promosi, pendapatan per kapita Sumbar kini telah meningkat.

Lihat juga :   Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto Diusulkan Menjadi Warisan Dunia UNESCO

“Orientasi pariwisata pasti meningkatkan kunjungan wisnus dan wisman. Bahkan juga meningkat dratis mengurangi angka kemiskinan dan pengagguran. Hal ini dikarenakan karena melakukan promosi yang luar biasa oleh Kemenpar. Kalau wisata bagus tanpa promosi, rasanya percuma dan tidak ada dampaknya,” jelasnya.

Irwan menambahkan, pada tahun 2019 ini, Sumbar menargetkan pertumbuhan kunjungan wisman sebesar 7,5 persen.

Jakarta, 14/8/2019.

Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

User Rating: 5 ( 1 votes)

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close