Nasional

Wagub Sumbar: Event TDS Tempatkan Sumbar Dalam Peta Destinasi Pariwisata Dunia

Padang – Nasrul Abit (Wakil Gubernur Sumatera Barat), mengungkapkan bahwa event sport tourism Tour De Singkarak (TDS) yang akan di helat pada tanggal 2 hingga 10 November 2019 ini, akan menempatkan Sumatera Barat dalam peta destinasi pariwisata dunia.

Menurut Nasrul Abit, meski event Tour de Singkarak telah memasuki tahun penyelenggaraan ke-11, tetapi masih mampu menyedot perhatian kuat wisatawan terutama yang berasal dari luar gegeri.

Hasil jepretan kamera berupa foto dan video dari beberapa photographer dan pewarta foto lainnya yang mengkombinasikan antara destinasi dan olahraga, mampu membuka mata dunia, jika Sumatera Barat memang memiliki banyak destinasi wisata yang sangat mengagumkan untuk dikunjungi.

“Kita menyakini, event sport tourism Tour De Singkarak tahun 2019 ini, akan lebih menempatkan Sumatera Barat dalam peta destinasi kepariwisataan dunia. Sumatera Barat, mempunyai keindahan alam yang sangat mengagumkan, budaya dan kuliner yang tentu saja tak kalah menarik,” kata Nasrul Abit, Selasa 22 Oktober 2019.

Menurut Nasrul Abit, penyelenggaraan Tour de Singkarak tahun 2019 ini sangat berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun-tahun lalu. Rute atau lintasan yang akan dilewati akan bertambah. Para riders TdS dari berbagai belahan dunia, tidak hanya akan menjajal rute baru saja tapi sekaligus menikmati keindahan alam Sumatera Barat. Rute atau lintasan baru yang akan dijajal adalah di Provinsi Jambi. Rute ini, berada pada etape Sembilan yang melewati jalan dari Sungai Penuh-Kerinci-Painan Pesisir Selatan.

Sejak beberapa tahun lalu, Pemerintah Provinsi Jambi telah mengajukan diri untuk mengikuti penyelenggaraan Tour de Singkarak. Mereka meyakini, event skala Internasional yang diselenggarakan ini telah terbukti mampu memberikan dampak positif dalam sektor kepariwisataan.

“Tahun ini, Jambi ikut serta. Panorama alam gunung kerinci dan karakter lintasan yang belum pernah dilalui para pembalap, tentu saja akan lebih menarik dan menantang,”ujar Nasrul Abit.

Lihat juga :   Pasca Ditetapkan Menjadi Warisan Budaya Dunia Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto Dikunjungi Wagub Sumbar

Selain itu kata Wagub Sumbar, event Tour de Singkarak juga mampu mendongkrak pertumbuhan destinasi wisata disekitar rute yang dilalui. Selain itu, juga dapat mendongkrak integrasi pembangunan lintas sektor dan wilayah antar kota dan kabupaten.

“Tour de Singkarak ini juga mendongkrak pertumbuhan simpul destinasi wisata disepanjang rute. Juga mampu meningkatkan ekonomi kepariwisataan. Dampaknya terasa. Melalui Tour de Singkarak juga, kita bersama ingin mengharumkan citra pariwisata di Sumbar dimata dunia sebagai salah satu destinasi unggulan olah raga balap sepeda,” kata Nasrul Abit.

Lebih lanjut Nasrul Abit, melalui event Tour de Singkarak ini, Pemerintah Provinsi Jambi dan Sumatera Barat bisa bekerjasama untuk mampu mendongkrak angka kunjungan dan lama tinggal wisatawan baik itu wisatawan domestik maupun wisatwan mancanegara. Serta mampu mendongkrak potensi menjadi sarana edukasi kepada masyarakat tentang keanekaragaman potensi destinasi wisata alam, kuliner dan budaya di Sumatera Barat.

“Yang jelas, kita mendukung pencapaian target 20 juta wisatawan mancanegara tahun ini. Salah satunya, melalui event Tour de Singkarak. Tahun​ 2019​ kunjungan wisatawan mancanegara ditargetkan naik sebesar 7,5% (58.447) sedangkan wisatawan nusantara target 2019 naik 5% (8.476.742),” tutup Nasrul Abit.

Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

User Rating: 5 ( 2 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close