Sumbar

Daftar Event Wisata Bulan Juni 2019 di Sumatera Barat

Bulan Silahturami, Berikut Event Wisata Sumbar Juni 2019

Berlebaran tentu tidak hanya sekadar bersilaturahim dengan keluarga tercinta. Ada banyak aktivitas menarik lain yang bisa dilakukan, selagi masih liburan.

Berkunjung ke Sumatera Barat (Sumbar), saat momen lebaran 2019 merupakan pilihan yang tepat. Ada banyak agenda di provinsi ini yang khusus diselenggarakan untuk membuat momen Idul Fitri semakin berkesan.

Ini dia 5 acara seru di Sumbar selama momen lebaran 2019 yang masuk kalender event Sumbar 2019

 

Photo: Twitter Nofrins Napilus

1. Pacu Codang Batang Suliti

Masyarakat Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, memunculkan kembali permainan tradisional pacu codang atau rakit pohon pisang sebagai upaya melestarikannya di Sungai Batang Suliti dalam rangka Idul Fitri 1440 H.

Pacu Condang Batang Suliti akan dilaksanakan pada tanggal 8-9 Juni 2019 di Kabupaten Solok Selatan.

2. Bakajang

Setiap tahunnya, dalam rangka Idul Fitri, masyarakat Sungai Maek, Nagari Gunuang Malintang, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota gelar tradisi Bakajang. Dimulai pada hari ke-4 bulan Syawal, tahun ini, Bakajang dihelat tanggal 8 s/d 12 Juni 2019.

Kajang berarti perahu, menurut bahasa setempat. Bakajang diartikan menggunakan kapal, karena awal Ba dalam bahasa Minang artinya menggunakan. Kedua, Bakajang juga bisa diartikan pembaruan.

Keindahan kapal, memancing keramaian masyarakat untuk menonton. Walau mini, kapal hiasan tersebut bisa dinaiki orang. Biasanya, beberapa orang pemain musik tradisional ikut serta meramaikan suasana. Perahu didorong oleh beberapa orang pemuda. Sebagian masyarakat ikut bersampan – sampan di sekitar perahu. Ada yang menggunakan perahu karet mainan dan ada juga yang bermain air di sekitarnya.

Kajang, terbuat dari dua sampan, diberi kerangka dan ditutupi triplek. Lalu di cat menyerupai kapal pesiar. Masyarakat bergotongroyong membangun Kajang. Waktu pembuatan dimulai sebelum puasa. Setiap kapal hias itu, berbiaya hingga puluhan juta rupiah.

Hari pertama dimulai dengan tradisi “Manjalang Mamak”, yang diikuti seluruh pemuda beserta anak nagari. Dalam prosesinya, para pemuda bersama bundo kanduang, membawa makanan(jamba) yang dibawa menggunakan dulang (semacam nampan yang diikat kain, dijunjung di atas kepala). Empat hari berikutnya, Kajang dipindahkan di tapian mandi (lokasi mandi) setiap jorong.

Photo: Sumbar.travel

3. Manjalang Buya

Masyarakat Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) akan melaksanakan Tradisi Manjalang Buya Lubuak Landua yang dilaksanakan sekali dalam Satahun pada tanggal 15-16 Juni 2019.

Tradisi Manjalang ini di awali dengan berkumpulnya ninik mamak, Tokoh Msayarakat, Budo Kanduang dan undangan di kantor wali Nagari aua kuniang, serta dilanjutkan dengan berjalan bersama menuju Surau Lubuak Landua sembari pihak budo kanduang Membawa Jamba yang akan diserahkan kepada buya dan akan di santap bersama.

Lubuak Landua merupakan Sebuah Objek wisata Religi yang terkenal dengan ikan Larangannya, dan setiap liburan hari besar seperti idulfitri, selalu di kunjungi ribuan pengunjung, baik dari dari dalam maupun dari luar kabupaten Pasaman Barat

Photo: kinciakincia.com

4. Festival Pesona Gandoriah

Festival Pesona Gandoriah 2019 akan digelar pada 15 hingga 19 Juni 2019 di Pantai Gandoriah. Itu merupakan perhelatan kelima kalinya diadakan di Pariaman.

Pantai Gandoriah merupakan sebuah ruas pantai wisata dengan panorama pulau-pulau kecil di pusat Kota Pariaman. Perpaduan posisi yang strategis, panorama yang indah, dan konturnya yang landai, membuat pantai ini menjadi salah satu objek wisata pantai paling populer di sini. Gandoriah merupakan nama seorang gadis dalam cerita rakyat Minangkabau.

Pada festival ini akan ada pasar rakyat dengan berbagai acara hiburan. Ada beberapa perlombaan unik seperti komepetisi layang-layang, diikuti oleh berbagai negara, lokakarya layang-layang, kompetisi memasak kepala ikan, festival musik Gandoriah, kompetisi lagu minang anak-anak dan orang dewasa, kompetisi surfing, kompetisi foto dan video pariwisata, kompetisi kuliner dari berbagai jenis makanan khas Pariaman, sementara juga dimeriahkan oleh penampilan artis lokal.

Photo: topsumbar.co.id

5. Alek Nagari Tebing Tinggi

Acara Alek Nagari Tebing Tinggi akan diselenggarakan di Rumah Gadang Nagari Tebing Tinggi, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat pada tanggal 29-30 Juni 2019.

Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Back to top button
Close
Close