Wisata Halal

Fakta-Fakta Wisata Halal Sumatera Barat yang Wajib Anda Ketahui

Dengan semakin populernya wisata halal di berbagai negara dan di tambah dengan populasi Muslim Dunia yang terus meningkat setiap tahunnya mejadikan wisata halal sebagai sebuah trend wisata jaman now.

Tidak salah jika berbagai negara yang ada di dunia berlomba-lomba untuk menargetkan wisatawan Muslim sebagai target pasar.

Sumatera Barat sebagai salah satu propinsi di Indonesia juga tidak mau kalah untuk mendatangkan wisatawan muslim domestik dan mancanegara untuk berlibur ke Sumatera Barat.

Berikut ini fakta-fakta wisata halal Sumatera Barat:

 

 

1. Apa itu Wisata Halal Sumatera Barat?

Wisata Halal Sumatera Barat merupakan bagian dari industri pariwisata yang memberikan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan bagi wisatawan Muslim sesuai dengan aturan-aturan Islam.

Kebutuhan itu antara lain: Hotel yang tidak menyediakan makanan dan minumam yang tidak halal, Kolam renang yang terpisah antara laki-laki dan wanita, Rumah makan bersetifikat halal, Tersedia masjid/mushola dan lainnya.

 

2. Bagaimana Prospek Wisata Halal Sumatera Barat?

Wisata halal di Sumatera Barat sangat berpotensi sekali untuk dikembangkan. Masyarakat Sumatera Barat yang dominan Muslim ditambah dengan fasilitas musholla/masjid dan berbagai macam kuliner khas yang halal akan memberikan kemudahan bagi wisatawan muslim domestik dan mancanegara untuk berlibur di Sumatera Barat.

Destinasi Wisata yang alami dan menakjubkan ditambah dengan masyarakatnya yang ramah dan mudah bergaul, akan membuat wisatawan betah dan ingin berlama-lama di Sumatera Barat.

Pemerintah Sumatera Barat bersama Dinas Pariwisata Sumatera Barat dan seluruh elemen lainnya terus melangkah maju untuk membangun infrastuktur wisata halal Sumatera Barat. Ayo sama-sama kita doakan semoga wisata halal Sumatera Barat semakin maju dan perekonomian semakin bertambah maju.

 

3. Bagaimana Proses Sumatera Barat Menuju Wisata Halal?

Sumatera Barat berusaha mendapatkan pengakuan wisata halal melalui kompetisi wisata halal nasional dan Internasional.

Pemerintah daerah bersama unsur pentahelix, swasta, akademisi, media dan komunitas berjuang.

Selain syarat berupa mengisi blanko, video profil, penggalian potensi daerah, pembuatan branding pariwisata serta kesepakatan pemerintah dibentuk juga pada tanggal 23 September 2016 Generasi Pesona Indonesia Sumatera Barat. Pada saat itu terpilih secara aklamasi Tandri Eka Putra, sebagai koordinator GenPI Sumbar.

Genpi sebagai komunitas bergerak mengumpulkan vote online sebagai bagian dari penilaian. Berkat dorongan semua pihak akhirnya Sumbar bisa meraih 4 anugerah wisata halal nasional dan 3 anugerah untuk kompetisi internasional.

Bersamaan dengan hal tersebut dimulai juga embrio Pokja pariwisata Sumatera Barat dan Forum Sumbar Kreatif.

 

4. Sumatera Barat Menjadi Destinasi Wisata Kuliner Halal No. 1 Di Dunia

Sumatera Barat dari zaman dahulu memang terkenal sekali dengan kulinernya yang bercita rasa khas. Bahkan salah satu kulinernya yang terkenal dengan sebutan “Rendang” telah mendunia dan sering dibawa oleh masyarakat Sumatera Barat sebagai bekal dalam perjalanan untuk pergi merantau. Rendang terkenal dengan rasanya yang lezat dan bisa bertahan lama.

Belum lama ini, Sumatera Barat telah diberi penghargaan sebagai “World’s Best Halal Culinary Destination” yaitu destinasi wisata kuliner halal terbaik dalam ajang kompetisi World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 yang berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emeriat Arab (UEA) pada bulan Desember 2016. Dengan diraihnya penghargaan ini, menjadikan nama Sumatera Barat semakin mendunia.

 

5. Sumatera Barat Menjadi Destinasi Wisata Halal No. 1 Di Dunia

Keindahan alam Sumatera Barat yang begitu mempesona, membuat wisatawan domestik dan mancanegara yang datang berlibur ingin berlama-lama menikmati keindahan destinasi wisata Sumatera Barat.

Tidak salah jika Sumatera Barat juga meraih penghargaan sebagai “World’s Best Halal Destination” yaitu destinasi wisata halal terbaik dalam ajang kompetisi World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 yang berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emeriat Arab (UEA) pada bulan Desember 2016.

 

6. Lamun Ombak, Restoran Halal Terbaik

Bagi wisatawan Muslim yang lagi liburan di Padang, tidak ada salahnya jika datang ke Rumah Makan Lamun Ombak. Lamun Ombak merupakan salah satu restoran legendaris di Kota Padang. Berbagai menu makanan khas Minang di sediakan disini.

Rumah makan ini telah di datangi oleh banyak wisatawan domestik dan mancanegara, bahkan presiden juga sudah pernah makan di sini.

Belum lama ini, Lamun Ombak meraih penghargaan sebagai Restoran Halal Terbaik di Indonesia. Penghargaan tersebut di berikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam ajang Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016.

 

7. Ero Tour, Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik

Fakta selanjutnya tentang wisata halal Sumatera Barat adalah memiliki biro perjalanan wisata halal terbaik di Indonesia. Biro perjalanan tersebut bernama Ero Tour.

Ero Tour juga ikut dalam ajang Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016, dan menjadi juara dalam kategori biro perjalanan.

 

8. Bulan Madu Dengan yang Halal di Tempat Halal

Bagi anda yang baru menikah ataupun sudah memiliki keluarga, Sumatera Barat sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai destinasi bulan madu. Karena memiliki berbagai destinasi yang halal ditambah dengan makanannya yang lezat.

Masyaraktnya yang ramah, sopan dan mudah bergaul akan membuat Anda merasa sedang di kampung halaman sendiri.

Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close