Sumbar

Festival Lima Danau 2019, Pariwisata Sektor Prioritas Kabupaten Solok

Festival Lima Danau Tahun 2019, menjadi rangkaian dari Hari Ulang Tahun Kabupaten Solok ke-106. Acara tahunan yang masuk Calendar of Event (COE) Sumatera Barat itu juga dimanfaatkan sebagai momentum pariwisata, sebagai sektor prioritas kabupaten yang terkenal dengan Beras Solok.

“Kegiatan ini agar masyarakat dapat merasakan dan memeriahkan HUT Kabupaten Solok,” kata Bupati Solok, Gusmal pada pembukaan Festival Lima Danau resmi dibuka Senin (25-3-2019) di Taman Hutan Kota Wisata (THKW) Arosuka.

Sektor pariwisata diyakini mewujudkan ketahanan budaya, menunjang pertumbuhan ekonomi kerakyatan mendorong kebangkitan UMKM dan ajang pihak swasta mempromosikan produknya.

Festival lima danau diikuti nagari, kecamatan, SKPD, badan usaha pemerintah, instansi vertikal, perusahaan swasta serta pedagang kuliner dan kerajinan lainnya di lingkungan Kabupaten Solok.

Digelar selama lima hari. Mulai 25 Maret hingga 30 Maret 2019. Festival lima danau dihadirkan dalam bentuk pameran dan pasar rakyat guna mempromosikan wisata, budaya dan kuliner.

Rangkaian kegiatan berupa festival randai, penampilan kesenian dari daerah tetangga seperti Kota Solok, Sawahlunto, Solok Selatan dan Limapuluh Kota di acara hiburan malam

Dinas Pariwisata juga menggelar lomba indang diikuti utusan-utusan nagari dan lomba kuliner khas Kabupaten Solok pada 25 dan 26 Maret 2019. Kemudian juga ada lomba layang-layang di Salayo yang akan diikuti berbagai nagari di Solok, jelas Yandra Prasat, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok .

Ketua DPRD Kabupaten Solok, Hardinalis Kobal menyarankan agar Festival lima danau terus dikembangkan. Selain lima danau keunikan lain di Kabupaten Solok, memiliki tiga kampung budaya. Hari jadi kabupaten Solok sendiri jatuh setiap tanggal 9 April dan diperingati sejak tahun 2010 silam pasca dilahirkannya Perda terkait Hari Jadi Kabupaten Solok pada 2009 lalu.

Lihat juga :   Wako Solok Lepas Peserta MTA di Taman Pramuka Pulau Belibis

Pembangunan pariwisata bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tapi juga akademisi, stakeholders terkait, media dan komunitas lainnya yang harus secara bersama membangun pariwisata untuk mencapai misi dan tujuan serta target yang telah ditetapkan(*)

Festival Lima Danau 2019, Pariwisata Sektor Prioritas Kabupaten Solok. Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Via
Sumber Foto
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close