Sumbar

Festival Saribu Rumah Gadang Promosikan Budaya dan Kesenian Tradisional Solok Selatan

SOLOK SELATAN, MINANGTOURISM – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat kembali mengadakan Festival Saribu Rumah Gadang. Festival selain untuk menciptakan karakter daerah sebagai tujuan wisata, juga dalam rangka mendorong dan mempopulerkan Kawasan Saribu Rumah Gadang sebagai wisata seni dan budaya unggulan serta menggali kekayaan seni dan budaya yang pernah ada, atau yang masih hidup dalam masyarakat Solok Selatan.

Festival Saribu Rumah Gadang ke-2 ditabuh Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria, di kawasan Nagari Saribu Rumah Gadang Koto Baru Muara Labuh, Jumat (22/3) malam.

Istimewanya, pembukaan Festival itu, dihadiri Rajo di Alam Surambi Sungai Pagu, Gubernur diwakili staf ahli M. Yani, undangan dari kabupaten/kota, serta  pemangku adat, bundo kanduang, Forkopimda dan ratusan masyarakat.

“Untuk menampilkan adat istiadat dan budaya kami di Solok Selatan dengan motto yang dulunya ‘manjampuik nan tatingga, mengumpuan nan taserak’ (menjemput yang tertinggal, mengumpulkan yang terserak),” ujar Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria, Jumat malam (22/3).

Para pengunjung disuguhkan penampilan musik tradisional hingga tradisi silat. Prosesi makan bajamba dan arak-arakan pada malam itu menjadi pembuka dalam Festival Saribu Rumah Gadang ini.

“Banyak sekali ragam adat kami yang akan kami tampilkan dan Insya Alah bisa kita lihat. Untuk itulah kami (melalui festival) ini mengingat adat itu kembali dan kami tampilkan kembali dengan harapan akan kami laksanakan setiap tahunnya,” kata Muzni.

Dalam rangkaian festival ini ditampilkan 10 jenis adat budaya yang ada di Alam Surambi Sungai Pagu. Di antaranya, tradisi ‘ma antaan bali’, tradisi ‘ manjalang’, tradisi ‘ma antaan bali sudah’, tradisi ‘baok kayia anak’, tradisi ma anta jamba’, tradisi ‘limau kamatian’, tradisi ‘ ma arak bungo lamang’, tradisi ‘ ma anta siriah’, tradisi ‘manjapuik anak pisah’, serta tradisi ‘tulak bala’.

Konseptor Festival Seribu Rumah Gadang, Hartati menyebutkan, melalui Festival Seribu Rumah Gadang ini, pihaknya ingin menggali kembali adat budaya dan kesenian yang ada. Sehingga dapat memperkuat pariwisata Solok Selatan.

Selain fokus menyedot perhatian wisatawan, Festival Saribu Rumah Gadang ini, juga untuk mengajak generasi muda mengenal kembali budaya yang ada di Solok Selatan.

Nah, Anda tertarik untuk berkunjung ke objek wisata Saribu Rumah Gadang? Yuk mampir ke Kabupaten Solok Selatan sekarang dan nikmati sajian kuliner, kesenian, dan budaya khas yang dipastikan akan membuat Anda terpukau.

Apalagi balutan alam nan indah dan sejuk menambah daya tarik selama berada di Kabupaten Solok Selatan.

Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

Via
Sumber Foto
Source
Harian SinggalangKumparanAntaraNewsSolSelKab
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Back to top button
Close
Close