Kuliner

Godok Ubi Bagulo: Cemilan khas Minangkabau yang Unik dan Lezat

Singkong merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai makanan pokok, sekaligus penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Di Sumatera Barat, singkong juga dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai jenis makanan olahan, yang terkenal adalah keripik balado.

Namun, ada olahan makanan berbahan singkong khas Minangkabau yang belum banyak diketahui umum, yaitu Godok Ubi Bagulo. Kuliner ini merupakan cemilan khas Minangkabau yang disukai oleh anak-anak sampai dengan orang tua.

©Photo: ig @diantikapoppyharun

Godok ubi bagulo sering juga disebut dengan godok batinta. Godok ini berbahan dasar ubi (singkong) yang diparut.

Godok ini bukanlah sajian makanan untuk oleh-oleh yang dapat ditemukan di berbagai toko dan juga tidak bakal ditemukan di kafe-kafe atau di rumah makan. Tapi, Godok Singkong akan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Kuliner yang satu ini, sebenarnya bukanlah tergolong makanan inovasi, melainkan murni merupakan makanan yang dibuat secara tradisional, dan memiliki rasa yang benar-benar asli singkong.

Di Sumatera Barat, terbilang cukup banyak menjual Godok Ubi Bagulo ini, karena memang penikmatnya masih terbilang banyak. Dan olahan makanannya benar-benar murni tanpa ada campuran seperti pewarna yang mengandung zat kimia. Selain itu, proses pembuatannya juga dilakukan secara tradsional.

Membuat Godok Ubi Bagulo juga tidak terlalu rumit, cuma yang perlu diperhatikan rasa dari ubi atau singkongnya itu. Biasanya, singkong yang tumbuh dekat kawasan pantai, agak pahit dan ubi seperti tidak cocok untuk menjadi bahan bakunya.

Cara membuat Godok Ubi Bagulo

  1. Dimulai dari mengupas kulit singkong dan membersihkannya, lalu direbus hingga matang. Proses merebus singkong ini diperkirakan menghabiskan waktu kurang lebih 20-30 menit, tergantung dari kondisi apinya. Biasanya, jika merebus menggunakan kayu api akan mempersingkat waktu perebusan.
  2. Singkong yang telah matang kemudian dimasukkan ke wajan yang agak besar, dan ditumbuk hingga benar-benar halus, dengan menggunakan alat botol.
  3. Selanjutnya, singkong yang telah halus ditumbuk dan dicampur dengan parutan kelapa dan campuran gula pasir sesuai banyaknya singkong.
  4. Kalau sudah selesai, singkong yang telah dicampuri parutan kelapa, dibuat bulat dengan tangan. Kemudian digoreng, hingga menguning.
  5. Setelah digoreng, proses terakhir adalah menaburi Godok Ubi dengan gula pasir yang sudah dipanaskan terlebih dahulu hingga melebur.
  6. Ketika gulanya telah selesai dilebur, barulah seluruh Godok Ubi dimasukan ke dalam wajan yang besar, dan diaduk hingga gula pasir benar-benar merata di seluruh Godok Ubi dan jadilah Godok Ubi Bagulo.
Lihat juga :   Teh Talua: Minuman Penambah Stamina Khas Minangkabau

Prosesnya sangat mudah, masih tradisional dan aman untuk dimakan. Bahkan, rasanya tidaklah teralu manis. Jadi yang membuat enaknya itu, singkongnya baru dipanen, diolah secara aman dan sehat. Sehingga lahirlah perpaduan rasa singkong dengan taburan gula pasir.

User Rating: 4.6 ( 2 votes)
Source
Saribundo.biz
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close