Padang

Grand Mosque of West Sumatera

Masjid Raya Sumatera Barat (Grand Mosque of West Sumatera) adalah masjid terbesar di Sumatera Barat, terletak menghadap Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Masjid Raya Sumatera Barat telah dipusatkan sebagai tuan rumah kegiatan keagamaan skala regional seperti tablig akbar, pertemuan jemaah, penyelenggaraan Sholat Idul Fitri dan Idul Adha hingga sholat Jumat setiap minggunya.

IMG_20190312_181257_621
Suasana Sore di Masjid Raya Sumbar
Photo By: @otchee_photowork

Sejak awal tahun 2012, pemerintah provinsi memusatkan kegiatan wirid rutin jajaran pegawai negeri sipil untuk memperkenalkan masjid.

Konstruksi masjid teridiri dari tiga lantai. Ruang utama yang dipergunakan sebagai ruang sholat terletak di lantai dua, terhubung dengan teras terbuka yang melandai ke jalan.

Denah masjid berbentuk persegi yang melancip di keempat penjurunya, menampilkan bentuk bentangan kain ketika empat kabilah suku Quraisy di Mekkah berbagi kehormatan memindahkan batu Hajar Aswad dengan memegang masing-masing sudut kain.

Bentuk sudut lancip sekaligus mewakili atap bergonjong pada Rumah Adat Minangkabau yaitu rumah gadang. Arsitektur Masjid Raya Sumatera Barat memakai rancangan yang dikerjakan oleh arsitek Rizal Muslimin, pemenang sayembara desain yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara pada 2007. Dan ratusan peserta, 71 desain masuk sebagai nominasi dan diseleksi oleh tim juri yang diketuai oleh sastrawan Wisran Hadi.

Konstruksi bangunan dirancang menyikapi kondisi geografis Sumatera Barat yang beberapa kali diguncang gempa berkekuatan besar.

Menurut rancangan, kompleks bangunan akan dilengkapi pelataran, taman, menara, ruang serbaguna, fasilitas komersial, dan bangunan-bangunan untuk pendidikan.

Source
en.wikipedia.org
Tags
Back to top button
Close
Close