Kuliner

Nikmatnya Gulai Jariang Pucuak Ubi Khas Minangkabau

Photo: IG @cheche_kitchen

Bagi kamu yang sangat menggemari jengkol, cobalah untuk datang bersama keluarga untuk liburan ke Minangkabau. Cobalah kuliner gulai jariang pucuak ubi yang ada di berbagai rumah makan minang di sini.

Jengkol yang lebih dikenal dengan sebutan “jariang” oleh masyarakat minang memang memiliki aroma menyengat. Namun, jariang bisa dimasak menjadi beragam varian, seperti semur, rendang, balado, hingga gulai.

Jengkol dan pucuak ubi (daun singkong) juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, dan ini terbilang panganan yang ampuh unntuk menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit.

Namun, karena aroma jengkol yang sangat kuat, maka jarang orang yang menyukainya. Awalnya jengkol sering dijadikan sebagai camilan keluarga dan lauk, namun seiring dengan semakin banyak orang yang sadar manfaat dan cara pengolahan yang benar dari jengkol, maka semakin banyak pula orang yang kini mengkreasikannya untuk menjadi makanan utama.

Gulai jariang pucuak ubi banyak ditemukan di rumah makan Padang yang ada di Sumatera Barat dan Indonesia. Menu ini sering dijadikan sebagai salah satu menu pelengkap, tapi tidak setiap hari bisa Anda dapatkan.

Di Sumatera Barat ada begitu banyak resep gulai jariang (jengkol) yang beredar, banyak pula yang telah dikombinasikan dengan beberapa olahan daging agar rasanya semakin lezat, jadi tinggal bagaimana kreasi si pembuat untuk menyajikan sajian unik dan lezat ini.

Biasanya kamu bisa menambahkan daging sapi, ayam, cumi dan olahan laut lainnya. Tambahan dan kreasi ini akan semakin membuat gulai jariang menjadi salah satu masakan yang harus dipertimbangkan untuk ditiadakan dari menu masakan harian.

Gulai jariang pucuak ubi memang jadi salah satu makanan khas Minangkabau yang paling difavoritkan, memiliki rasa yang enak dan lezat, sehingga tak heran jika banyak yang menyukainya. Bagi Anda para pecinta makanan jengkol wajib mencoba masakan satu ini, sebab sayang bila Anda lewatkan begitu saja.

Lihat juga :   Pisang Panggang HM Zein yang Bikin Nagih, Lamak Bana!

Sebagai salah satu masakan khas Minang, gulai jariang yang dimasak dengan daun singkong (Pucuak Ubi) bisa menjadi pilihan menu favorit anda ketika liburan ke Sumatera Barat.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close