Solok Selatan

Menyatu di Homestay Rumah Gadang Solok Selatan

Ini objek wisata yang wajib didatangi ketika sudah sampai di Kabupaten Solok Selatan. Dalam satu kawasan itu, Anda akan disuguhi deretan rumah gadang dengan atap-atap meruncing khas Minangkabau. Ada 130 rumah gadang yang ada di Nagari Koto Baru, dan 10 di antaranya sudah memenuhi syarat untuk menerima tamu yang ingin menginap.

Bagaimana rasanya menginap di rumah gadang? Anda mesti datang ke Solok Selatan untuk merasakan sensasinya.

 

Photo: Instagram @travelingwithjuan

Masing-masing homestay rumah gadang sudah diberi nomor urut, misalnya dengan sebutan Homestay 001, Homestay 002, dst. Jika datang berombongan, jangan ragu mencoba sensasi menginap di rumah khas minangkabau itu. Pengalaman Anda akan bertambah, dan dipastikan keakraban kian terjalin. Selain itu,
silakan merasakan langsung bagaimana kehidupan sehari-hari masyarakat dan seperti apa kuliner khas Solok Selatan. Paket Rp250 ribu/orang yang ditawarkan sudah termasuk menginap, welcome drink, makan malam, dan sarapan.

Bagaimana sih kondisi homestay rumah gadang Solok Selatan?

Jangan khawatir, kebersihan terjaga, dan pastinya sudah ada toilet di dalam rumah. Meski tidurnya beramai-ramai dalam satu ruangan besar, namun tersedia kasur dan perlengkapan standar yang bersih.

Untuk makan malam dan sarapan, bisa dipesan jauh-jauh hari sesuai selera atau menyerahkan pada pemilik rumah yang sudah pasti akan menyiapkan berbagai menu tradisional khas Solok Selatan. “Kalau ada tamu, saya pasti membuat pangek pisang dan pinyaram. Saya ingin mereka bisa merasakan makanan khas kami,” ujar Netty, pemilik Homestay 001 yang rumahnya sudah dibangun sekitar 1,5 abad lalu dan mampu menampung 15 orang.

Dari kawasan Saribu Rumah Gadang, wisatawan bisa berburu foto dan mendatangi Rumah Gadang Gajah Maraam yang pernah menjadi tempat syuting film Di Bawah Lindungan Ka’abah. Selain itu bisa mengunjungi Surau Menara yang usianya sudah lebih dari satu abad. Kawasan itu juga dekat dengan pasar tradisional
Muara Labu, sehingga bisa berburu kuliner tradisional di pagi hari.

Kawasan Saribu Rumah Gadang, kini menjadi salah satu ikon pariwisata Solok Selatan. Firdaus Firman, kabag Humas dan Protokol Kabupaten Solok Selatan yang mengantar ke beberapa tempat bertutur, dalam waktu dekat akan ada bantuan dari pemerintah pusat untuk merenovasi 50 rumah gadang di kawasan tersebut.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Via
Majalah Destinasi Indonesia No. 41 | Volume 4 | 2017
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism
Close
Close