Sumbar

Jalur TdS 2019, Lintasi Dua Provinsi

Rute etape Tour de Singkarak (TdS) 2019 bakal melalui dua provinsi yakni Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Bergabungnya Jambi di TdS 2019 akan memberikan warna baru dalam pelaksanaan ajang balap sepeda internasional yang telah diselenggarakan sejak tahun 2009 lalu ini.

Dua daerah di Provinsi Jambi dipastikan masuk dua etape Tour de Singkarak (TdS) 2019. Hanya saja, terdapat perubahan dari rencana sebelumnya, pebalap tidak melintasi perbatasan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat – Kota Sungai Penuh, Jambi.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, batalnya star dari Solok Selatan, berdasarkan evaluasi jalur perbatasan yang sepi penonton serta kurangnya daya tampung penginapan di Muaro Labuah, ibukota Kabupaten Solok Selatan untuk seluruh pebalap.

“Rencana awal, start dari Padang Aro Solok Selatan, finish di Sungai Penuh. Tapi tidak jadi, karena jalan perbatasan Sumbar- Jambi tidak memungkinkan, ruas jalur tersebut sepi penonton,” kata Nasrul Abit, Wagub Sumbar usai pertemuan dengan pemangku kepentingan dari Provinsi Jambi di Sungai Penuh beberapa waktu lalu.

Hadir dalam pertemuan itu Gubernur Jambi, Kadis Pariwisata Sumbar Oni yulfian, Kadis PUPR Sumbar Fathol Bari. Hadir juga dari Balai jalan nasional Wilayah Sumbar. Sedangkan dari Provinsi Jambi, hadir Gubernur Jambi, Kadispar Jambi, Balai jalan nasional Wil. Jambi, Wabup kerinci, Kadispar kerinci, Dinas PU kerinci, Asisten 2 bidang ekonomi Pemko Sungai Penuh, Kadis PU kota dan kepala Dinas pariwisata Kota Sungai Penuh.

Jambi Masuk TdS 2019, Rute Bertambah 200 KM

Jambi menyatakan siap untuk dilalui TdS 2019. Direncanakan dalam beberapa waktu ke depan, akan dilakukan survei kembali dari pihak pelaksana TdS 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian mengatakan, hadirnya Kerinci akan dapat memberikan suasana yang baru. Kerinci memiliki pemandangan yang indah, serta suhu udara yang begitu sejuk. Jika Jambi jadi ikut panjang rute TdS akan bertambah lebih dari 200 kilometer.

“Ini suatu inovasi baru bagi kami, karena selama ini rute TdS yang dilewati hampir semua pembalap yang pernah mengikutinya sudah mengenal lokasinya. Penyegaran ini perlu kita lakukan sebagai daya tarik bagi pembalap sepeda dunia lebih banyak lagi untuk mengikutinya,” ucapnya.

Jambi Diminta Tonjolkan Keunikan Budaya dan Kuliner

Dua daerah yang akan dilalui dua etape TdS 2019 diminta mempersiapkan diri, dengan menampilkan keunggulan wisata daerah masing-masing.

“TdS merupakan event yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata, sehingga diminta kreatifitas daerah – daerah yg dilalui menampilkan keunikan budaya dan kulinernya,” kata Nasrul Abit

TdS ini terkenal dengan lima besar penonton terbanyak penyelenggaraan balap sepeda, sehingga menjadi ajang promosi wisata yang mampuni.

Gubernur Jambi Fachrori Umar, menyampaikan ucapan terima kasih memberikan kesempatan bagi Jambi, khususnya Kerinci dan Sungai Penuh berpeluang menjadi tuan rumah TdS 2019.

“Kami juga merencanakan agar pembalap TdS bisa mengelilingi Kota Sungai Penuh, maka objek wisata Kerinci juga dapat terpromosikan dengan ajang internasional tersebut,” harap Gubernur Jambi.

Jambi Anggarkan Rp50 Miliar Benahi Jalan untuk TdS 2019

Dikutip dari Jambikita.id, Pemerintah Provinsi Jambi mengalokasikan anggaran Rp50 miliar untuk perbaikan jalan guna menyiapkan dua etape Tour de Singkarak (TdS) 2019 yang melewati dua daerah di provinsi tersebut.

“Kami sangat serius merespon wacana ini. Melalui Balai Jalan Nasional IV telah diusulkan penganggaran dana sebear Rp50 miliar untuk menunjang perbaikan jalan yang akan dilalui pebalap,” kata M Fauzi , Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jambi Selasa (9/4/2019).

Fauzi menuturkan daya tarik rute di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh itu adalah melewati kawasan wisata Kerinci, Gunung Kerinci, hingga melewati Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang masih terjaga hutannya.

Inilah Perubahan Rencana Jalur yang Melewati Jambi

Rencana Awal

Etape pertama di Jambi : Start di Padang Aro, Solok Selatan, Sumbar – finish di Kota Sungai Penuh, Jambi.
Etape kedua di Jambi : Start di Kota Sungai Penuh, Jambi – finish di Painan, Pesisir Selatan, Sumbar.

Rencana Kedua

Etape pertama di Jambi: Start di Letter W atau di Kebun Teh Kayu Aro Kerinci, melewati Kota Sungai Penuh, terus ke Danau Danau Kerinci – finish di Kota Sungai Penuh. (Start dan finish di Kabupaten Kerinci, Jambi).

Etape kedua di Jambi : Start dari Kota Sungai Penuh, Jambi – finish Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

Rencana Final

Etape pertama di Jambi atau Etape 7 TdS 2019 : Start di air terjun Telun berasap – Finish di danau kerinci. (Start dan finish di Kabupaten Kerinci, Jambi).

Etape kedua di Jambi atau Etape 8 TdS 2019 : Start lapangan Merdeka, Kota sungai Penuh, Jambi – finish di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

 

Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Back to top button
Close
Close