Sumbar

Jambi Makin Memastikan Diri Masuk Jalur TdS 2019

Provinsi Jambi semakin mematangkan persiapan sebagai salah satu daerah yang akan dilewati ajang balap sepeda dunia, Tour de Singkarak (TdS). Kesiapan telah dimulai dengan penganggaran kontribusi kegiatan dan pelaksanaan Even. Hal itu terlihat dari tinjauan Dinas Pariwisata Sumatera Barat ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Jambi sebagai jalur Tour de Singkarak 2019. Ini bakal menjadi tahun pertama bagi Provinsi Jambi untuk Tour de Singkarak (TdS).

“Ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi persiapan TdS pada tanggal 27 Februari 2019 yang dihadiri Kepala Dinas Pariwisata, Bappeda dan Biro Ekonomi dari Pemprov Jambi, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh,” kata Didit P. Santoso, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Sumatera Barat.

Menurutnya, kesiapan tersebut sebagai bentuk komitmen CEO, Bupati Kerinci dan Walikota Sungai Penuh untuk TdS 2019.

Direncakan pada TdS 2019, Jambi akan melewati dua etape. Etape ke-1 Kabupaten Kerinci: Start di DTW Pemkab Kerinci Air Terjun Telun Berasap dan finish di Danau Kerinci. Etape ke-2 Kota Sungai Penuh, Start Lapangan Mardeka Sungai Penuh dan finish di Pantai Carocok, Kab. Pesisir Selatan.

Dalam kunjungan tidak ada kendala berarti. Hanya beberapa hal kecil yang bisa diperbaiki dalam waktu cepat. “Untuk kondisi fisik jalan yang akan digunakan untuk rute pada etape Kabupaten Kerinci ada beberapa titik yang perlu diperbaiki karena terdapat aspal yang terkelupas berlobang-lobang,” jelas Didit.

Ia juga menilai rute Sungai Penuh menuju Kab. Pesisir Selatan ada beberapa titik lawan longsor yang harus diantisipasi.

Sedangkan ketersediaan akomodasi di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh dinyatakan sudah baik. Direncanakan minggu pertama bulan April tim teknis dari pelaksana TdS akan melakukan survei rute dan akomodasi secara keseluruhan.

Selain Jambi, Provinsi Riau juga pernah dibicarakan akan bergabung dalam jalur TdS. Rencana tentang keikutsertaan dua provinsi lain ini, telah dimulai sejak setahun yang lalu. Pada Tds X 2018, jalur menuju ke Jambi belum dinyatakan layak. Diharapkan pada TdS ke XI, tahun 2019 yang akan dilaksanan pada 02-10 November nanti, Provinsi Jambi sudah bisa bergabung.

Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Back to top button
Close
Close