Agam

Kapatoman: Tempat Makan dan Spot Foto Kekinian di Sumbar

Masyarakat disekitar Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam kini punya alternatif liburan baru untuk menikmati keindahan destinasi wisata alam Tabiang Takuruang bersama teman dan keluarga.

Alternatif wisata itu bernama Cafe Kapatoman, sebuah tempat nongkrong baru berbentuk kapal yang berada di Jorong Jambak, Nagari Sianok Anam Suku, Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agam. Berjarak lima kilometer dari kawasan objek wisata Jam Gadang Kota Bukittinggi. Bentuk bangunanya dibuat menyerupai kapal Bugis.

Keunikan bentuk kapal, sajian kuliner dan keindahan panorama Ngarai Sianok, menjadi modal utama yang ditawarkan kepada para pelancong, baik yang datang dari dalam maupun luar negeri.

Photo: Instagram @pujamustika988

Asal Usul Nama Kapatoman

Cafe Kapatoman dikelola oleh enam bersaudara yang merupakan satu keluarga. Dibangun dengan menggunakan bahan kayu. Ide pembuatan cafe, didasari keinginan untuk memberikan pengalaman baru bagi pengunjung dengan bentuk bangunan, keindahan alam, dan menu yang disajikan. Dibangun dengan memanfaatkan lahan keluaraga tertinggal seluas lebih kurang 1 Hektare.

Untuk nama cafe, diambil dari nama almarhum ayah mereka yaitu ‘Toman’, dan di depannya diberi tambahan ‘Kapa’ (kapal) dan menjadi Cafe Kapatoman.

Nama Kapatoman ini dibuat untuk mengenang almarhum orang tua laki-laki dari enam bersaudara yang bernama Toman, dimana semasa hidupnya sangat dikenal masyarakat sekitar, nama itu begitu familiar, sehingga diharapkan dengan mengutip nama itu, kehadiran Kafe Kapatoman ini dapat mengulang sejarah masa lalu akan nama orang tuanya.

Back to top button
Close
Close