KulinerVideo

Kue Kareh-Kareh, Kuliner Tradisional Asli Sumatera Barat

Sumatera Barat merupakan provinsi yang sangat kaya dengan budaya dan ragam kuliner yang punya cita rasa istimewa dan halal. Salah satu suku di Sumbar yang terkenal dengan kulinernya adalah Suku Minangkabau, lebih akrab disapa dengan urang minang. Ada banyak sekali makanan khas dari urang minang yang perlu kita ketahui. Jika anda sedang berada di Sumatera Barat, anda perlu mencoba kue kareh-kareh yang menjadi salah satu kuliner khas asli urang minang.

Bagi sebagian orang terdengar seperti kue yang susah untuk di kunyah atau di gigit, terutama bagi lansia maupun anak-anak. Dengan mengetahui mengenai salah satu kuliner khas dari Minangkabau ini, maka anda akan dapat menemukan makanan tersebut dengan lebih mudah apabila sedang berwisata ke Sumatera Barat.

Kue Kareh-Kareh, Kuliner Tradisional Asli Urang Minang

Kue kareh-kareh menjadi salah satu cemilan (makanan ringan) khas urang Minang yang memiliki tekstur renyah. Kata “kareh” adalah bahasa Minangkabau yang memiliki arti keras dalam bahasa Indonesia. Kue keras-keras, agak aneh juga kalau di ubah ke bahasa indonesia. Kue ini mirip seperti sarang burung berlapis lapis dengan ranting-ranting halus dan memiliki warna merah kecoklatan. Kue ini memiliki rasa manis yang berasal dari gula aren.

Proses pembuatan kue ini rumit dan harus teratur. Jadi, butuh keahlian khusus dalam membuat kue ini. Pembuatan kue ini harus dilakukan dengan tekun dan butuh kesabaran agar bentuk kue menjadi bagus.

Tidak hanya proses pembuatan kue ini saja yang rumit, kue yang dihasilkan juga harus memiliki tekstur yang keras tapi sangat enak dan renyah ketika dikunyah. Kue ini akan mengeluarkan suara “kriuk-kriuk” ketika kita sedang menguyahnya menggunakan gigi. Bumbu-bumbu dari kue ini akan meresap sempurna pada semua bagiannya.

Lihat juga :   Sate Mak Syukur: Sate Legendaris dari Sumatera Barat yang Wajib Anda Coba

Jika Anda ingin mencicipi kue ini, cobalah datang ke daerah Alahan Panjang dan Kabupaten Solok. Di ke-2 daerah tersebut masih cukup banyak para pembuat kue ini. Dari para pembuat, kue ini disebarkan ke beberapa pasar dan toko-toko di sekitar.

Orang yang bisa dan ahli dalam membuat kue ini tidak begitu banyak. Orang-orang yang membuat kue ini pun tergolong usia yang sudah tidak muda lagi. Mungkin bagi Anda yang masih muda-muda tertarik untuk mencoba membuatnya!

Berikut ini ada video singkat dari uni @RenoAndam tentang proses pembuatan kue kareh-kareh. Yuk kita lihat dulu!

Sekian ulasan singkat mengenai salah satu kuliner tradisional khas Urang Mianang yang dapat minangtourism berikan. Semoga bisa menambah wawasan dan dapat menjadi referensi bagi anda yang sedang berburu kuliner khas Minangkabau di Sumatera Barat.

User Rating: 5 ( 2 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close