Solok Selatan

Destinasi Wisata Kawasan Saribu Rumah Gadang

Kawasan Saribu Rumah Gadang merupakan destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika sudah sampai di Kabupaten Solok Selatan. Dalam satu kawasan itu, Anda akan disuguhi deretan rumah gadang dengan atap-atap meruncing khas Minangkabau.

Rumah Adat Unik Khas Minangkabau

Begitu sampai di Nagari Koto Baru, kita bisa menyaksikan perkampungan adat Minangkabau tempo dulu. Ratusan Rumah Adat Gadang tersusun rapi sepanjang kawasan ini. Usianya bermacam-macam, puluhan hingga ratusan tahun. Sebagian masih terawat dan dihuni, meski ada juga beberapa yang terbengkalai.

Bentuk Rumah Gadang sangat unik. Atapnya bergojong-bergonjong dan bangunan utamanya terbuat dari kayu berhiaskan ukiran tradisional Minang. Sangat menarik untuk disimak.

Nagari Koto Baru beberapa kali dipilih sebagai lokasi syuting film maupun tayangan TV. Meski demikian, tempat ini lumayan cukup sulit ditemukan. Lokasinya memang berada di jalan lintas Sumatera – Jambi, namun agak menjorok ke dalam, Anda yang ingin berkunjung bisa berpatokan pada plang raksasa bertuliskan ‘Kawasan Saribu Rumah Gadang’ di sebelah pintu menuju Masjid Raya Koto Baru.

Datang ke “Nagari Saribu Rumah Gadang” berarti akan menelusuri keindahan alam, seni dan budaya.

 

Ada 130 rumah gadang yang ada di Nagari Koto Baru, dan 10 di antaranya sudah memenuhi syarat untuk menerima tamu yang ingin menginap. Masing-masing homestay rumah gadang sudah diberi nomor urut, misalnya dengan sebutan Homestay 001, Homestay 002, dst.

Berwisata Naik Sepeda Onthel

Teman Traveler bisa mengagumi keindahan deretan rumah gadang di sini sembari berjalan kaki. Namun, belakangan pemerintah berinisiatif memberikan fasilitas berupa penyewaan sepeda onthel alias sepeda tradisional.

Para pengunjung bisa memanfaatkannya untuk berkeliling santai dan menikmati indahnya panorama di sekitar Nagari Koto Baru. Hal ini sekaligus jadi daya tarik untuk wisatawan, agar mereka bisa merasakan
suasana Minang tempo dulu.

Lihat juga :   Rumah Gadang Terpanjang 21 Ruang Mencatatkan Rekor Dunia

Positifnya lagi, warga setempat pemilik sepeda onthel jadi mendapat penghasilan tambahan. Sementara untuk urusan administrasinya, pemerintah bekerja sama dengan penduduk sekitar.

Lokasi

Kawasan Seribu Rumah Gadang berlokasi di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat, berjarak kurang lebih 150 kilometer dari Kota Padang, Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat, dengan lama perjalanan kurang lebih empat jam.

User Rating: 5 ( 3 votes)
Source
Travelingyuk
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close