Kuliner

Top 10 Kuliner Kabupaten Pasaman Barat

Wisata dan kuliner selalu menjadi dua hal yang sulit untuk dipisahkan, terutama buat kamu yang sangat hobi traveling. Menikmati berbagai kuliner menarik saat traveling ke sebuah tempat, akan menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Hobi kuliner kamu ini juga bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Kabupaten Pasaman barat, Sumatera Barat, sebab ada banyak pilihan kuliner yang bisa kamu nikmati di sana. Simak 10 kuliner lezat berikut ini, yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Pasaman Barat.

Top 10 Kuliner Kabupaten Pasaman Barat

Photo: seruji.co.id

1. Gulai Sabo-Sabo

Kuliner pertama dari Pasaman Barat adalah Gulai Sabo-Sabo. Anda bisa menemukan kuliner ini di Pantai Sasak yang berjarak 20 km dari simpang empat Pasaman Barat.

Gulai Sabo-Sabo merupakan makanan khas Pasaman Barat yang isinya terdiri dari berbagai macam hasil laut seperti: ikan kecil, udang kecil, kepiting dan lainnya yang dicampur dengan gulai (kuah santan) dengan rasa pedas khas Minang.

Photo: klikpositif.com

2. Gulai Hiu

Kuliner kedua dari Pasaman Barat adalah Gulai Ikan Hiu. Anda bisa menemukannya di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Pasaman Barat. Makanan ini dijual di sejumlah rumah makan di kawasan Air Bangis.

Makanan khas di Air Bangis ini bukan makanan baru, namun telah ada semenjak tahun 80-an. Salah satu rumah makan yang menjual kuliner ini adalah Rumah Makan Taluak Sambilan.

Cara memasak Gulai Hiu ini cukup mudah, hanya direbus 10 detik, lalu kulit luar di kupas dan dipotong – potong menyerupai dadu. Seterusnya, ditambah racikan bumbu tradisional khas Air Bangis, untuk mendapatkan rasa yang lezat.

Bagaimana, berani mencobanya?

Photo: muthebogara.blog

3. Rendang Lokan

Kuliner ketiga dari Pasaman Barat adalah Rendang Lokan. Lokan adalah kerang, jadi rendang lokan adalah rendang yang bahan utamanya terbuat dari kerang

Lihat juga :   Ayam Batokok Lado Hijau Khas Minang yang Super Lezat

Untuk kebanyakan orang mungkin kerang sepertinya tidak cocok untuk dimasak menjadi rendang. Akan tetapi di daerah Pasaman Barat, Sumatera Barat, rendang lokan menjadi makanan yang sangat mudah ditemui.

Kerang yang digunakan adalah kerang air tawar yang ukurannya lebih besar dari kerang laut. Rendang lokan juga sering dimasak bersama pucuak ubi (daun singkong) atau daun pakis, menjadikan rasanya lebih kaya dan enak.

Ilustrasi: Dolly MJ/Shutterstock

4. Ikan Panggang Pacak

Kuliner keempat dari Pasaman Barat adalah Ikan Panggang Pacak. Ikan panggang pacak adalah ikan bakar tepuk, dimana ikan ini dibakar yang diberi bumbu dan dibakar layaknya ikan bakar. Namun yang membedakannya ikan ini ditepuk-tepuk secara lembut yang menggunakan batang serai yang sudah terlebih dahulu dicampur ke dalam bumbu.

Aroma ikan panggang paccak ini saat di bakar sangat harum membuat hidung ingin mengikuti harumnya dan ingin mengetahui dari mana asal nya. Ikan panggang paccak ini salah satu makanan yang sangat populer di kalangan warga Pasaman Barat.

Photo: Ig @dapur_dhinniedesky

5. Gulai Langkitang Lado Kutu

Kuliner kelima dari Pasaman Barat adalah Gulai Langkitang. Langkitang yang berbentuk seperti siput, berwarna hitam pipih berukuran 4 Cm digulai gurih pedas, dengan campuran santan, cabai, dan bumbu rempah khas Minang.

Photo: selerasa.com

6. Sup Kepiting

Kuliner keenam dari Pasaman Barat adalah Sup Kepiting. Bagi anda yang mencari alternatif sajian menu makanan, mungkin makanan dengan bahan utama kepiting bisa jadi pilihan.

Kepiting merupakan salah satu jenis bahan dasar makanan yang berasal dari laut dan memiliki citarasa yang sangat lezat. Karena kelezatan rasanya itu, banyak wisatawan yang kemudian gemar menyantap hidangan berbahan dasar kepiting ini.

Bagi anda yang sedang liburan di Pasaman barat, mungkin sup kepiting bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda untuk mencobanya.

Lihat juga :   PACU UPIAH: Permainan Tradisional Anak Nagari di Minangkabau
Photo: fathelvi.blogspot.com

7. Pangek Pakih

Kuliner ketujuh dari Pasaman Barat adalah “Pangek Pakih”, dalam bahasa Indonesia kita sebut ‘paku’, atau ‘pakis’. Sedangkan Pangek adalah teknik pemasakan khas Minang, yaitu dengan mengentalkan racikan bumbu terlebih dulu sebelum memasukkan bahan utamanya.

 

 

 

Rakik Maco, Top 10 Kuliner Kabupaten Pasaman Barat
Photo: min.wikipedia.org

8. Rakik Maco

Kuliner kedelapan dari Pasaman Barat adalah Rakik Maco. Rakik maco adalah makanan asli Sumatera Barat. Rakik maco adolah makanan yang biasanya dimakan sebagai lauk ketika memakan nasi dan juga dapat dimakan secara langsung sebagai cemilan.

Maco adolah nama lokal sajenis ikan laut yang dikeringkan. Rakik maco terbuat dari campuran tepung beras, ikan maco, cabe, kunyit, dan telur yang digoreng layaknya peyek.

Emping Jagung, Top 10 Kuliner Kabupaten Pasaman Barat
Photo: hellosehat.com

9. Emping Jagung

Kuliner kesembilan dari Pasaman Barat adalah Emping Jagung. Emping jagung adalah makanan yang terbuat dari biji jagung yang dipipihkan dan digoreng. Makanan yang satu ini termasuk salah satu makanan ringan yang cukup populer di Pasaman barat dan disukai oleh banyak wisatawan. Cita rasa yang gurih dengan teksturnya yang renyah membuat emping sangat cocok untuk dijadikan cemilan dan oleh-oleh.

Kembang Loyang Padeh, Top 10 Kuliner Kabupaten Pasaman Barat
Photo: resepkoki.id

10. Kembang Loyang Padeh

Kuliner kesembilan dari Pasaman Barat adalah Kembang Loyang Padeh. Kue kembang Loyang padeh merupakan salah satu jenis kue tradisional khas dari Pasaman Barat. Kue ini biasanya banyak tersedia dipasaran dan banyak diminati juga oleh wisatawan.

Kue ini biasanya disajikan ketika ada tamu yang datang ke rumah. Dari mulai anak-anak sampai pada orang yang paling tua, kue ini salah satu kue yang dijadikan sebagai makanan favoritnya. Selain memiliki citarasa yang manis, kue ini juga memiliki tekstur yang sangat renyah.

User Rating: Be the first one !
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close