Sawahlunto

Lapangan Segitiga Sawahlunto: Alun-Alun kota Masyarakat Sawahlunto yang Indah dan Nyaman

Lapangan Segitiga Sawahlunto merupakan alun-alun kota Masyarakat Sawahlunto yang ramai dikunjungi warga kota maupun luar Kota Sawahlunto. Terletak di depan Bangunan Kantor Perusahaan Tambang Batubara Ombilin (PT. BA-UPO).

Kawasan yang lebih akrab di sebut “LapSeg” oleh masyarakat Sawahlunto ini sangat bersih dan nyaman. Anda bisa bermain bersama teman dan keluarga disini sambil menikmati berbagai jajanan kuliner khas Sawahlunto.

Juga tersedia Free WIFI bagi Anda yang hobi bermain sosial media. Dengan adanya akses internet gratis, Anda bisa dengan mudah mengupload foto-foto keren dan instagramable waktu disini ke sosial media.

Di tempat ini juga sering digelar berbagai seni pertunjukan dan hiburan rakyat seperti parade band, kesenian kuda kepang, wayang kulit dan pentas seni budaya rutin setiap malam minggu, maupun event berskala internasional seperti Tour de Singkarak.

Mengenal Kota Sawahlunto

Kota Sawahlunto adalah salah satu kota di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota yang terletak 95 km sebelah timur laut kota Padang ini, dikelilingi oleh 3 kabupaten di Sumatra Barat, yaitu kabupaten Tanah Datar, kabupaten Solok, dan kabupaten Sijunjung. Kota Sawahlunto memiliki luas 273,45 km² yang terdiri dari 4 kecamatan dengan jumlah penduduk lebih dari 54.000 jiwa. Pada masa pemerintah Hindia Belanda, kota Sawalunto dikenal sebagai kota tambang batu bara. Kota ini sempat mati, setelah penambangan batu bara dihentikan.

Saat ini kota Sawahlunto berkembang menjadi kota wisata tua yang multi etnik, sehingga menjadi salah satu kota tua terbaik di Indonesia. Di kota yang didirikan pada tahun 1888 ini, banyak berdiri bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda. Sebagian telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah setempat dalam rangka mendorong pariwisata dan mencanangkan Sawahlunto menjadi “Kota Wisata Tambang yang Berbudaya”.

Kota Sawahlunto terletak di daerah dataran tinggi yang merupakan bagian dari Bukit Barisan dan memiliki luas 273,45 km². Dari luas tersebut, lebih dari 26,5% atau sekitar 72,47 km² merupakan kawasan perbukitan yang ditutupi hutan lindung. Penggunaan tanah yang dominan di kota ini adalah perkebunan sekitar 34%, dan danau yang terbentuk dari bekas galian tambang batu bara sekitar 0,25%.

Lihat juga :   Puncak Cemara: Destinasi Wisata Keluarga Paling Seru di Sawahlunto

Bagi kamu yang penasaran dan lagi liburan di Sawahlunto, maka kunjungilah Lapangan Segitiga Sawahlunto. Ajak teman dan keluarga nya ya!

User Rating: 5 ( 2 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close