Sawahlunto

Masjid Agung Nurul Islam Sawahlunto

Masjid Agung Nurul Islam atau juga dikenal sebagai Masjid Agung Sawahlunto adalah salah satu masjid tertua di Indonesia yang terletak di Kelurahan Kubang Sirakuak Utara, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Lokasinya berjarak sekitar 150 meter dari Museum Kereta Api Sawahlunto

SEJARAH

Bangunan masjid ini pada awalya merupakan pusat pembangkit listrik bertenaga uap (PLTU). Dibangun pada tahun 1894 semasa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda.

PLTU ini tenaganya memanfaatkan aliran Batang Lunto di Kubang Sirakuak sejak tahun 1894. Namun mengingat debit air sungai yang berada di pinggir PLTU tersebut kian waktu terus berkurang, pemerintah Hindia-Belanda kemudian membangun PLTU pengganti di Salak, Talawi pada tahun 1924 yang memanfaatkan aliran Batang Ombilin.

Sejak tahun 1952 fungsinya dirubah menjadi masjid. Sementara cerobong asapnya kemudian dijadikan sebagai menara dengan tambahan kubah setinggi 10 meter.

Saat ini selain berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid berlantai dua ini juga digunakan sebagai sarana pendidikan agama bagi masyarakat sekitar.

Sungguh menarik bukan? Selain umurnya yang lebih 1 abad, bangunan ini juga memiliki gaya arsitektur yang khas kolonial, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Back to top button
Close
Close