Skip to main content

Cara Mudah Dan Lengkap Membuat Email Gmail Untuk Berbagai Keperluan

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya email. Hampir setiap kegiatan di internet berhubungan dan memerlukan akun email, misalnya: belanja online, komentar di blog, bikin sosial media.

Pada tutorial atau panduan kali ini, akan dijelaskan cara membuat email Gmail untuk berbagai keperluan. Jadi, anda tinggal bikin 1 akun gmail, dan akan bisa digunakan untuk membuka layanan google lainnya, seperti: adword, youtube, adsense, google plus, webmaster tools dan yang berhubungan dengan google.

Bagi anda yang masih pemula di dunia internet, jangan khawatir tidak bisa membuatnya, karena bikin email Gmail tidak sampai 3 menit dan tidak memerlukan keterampilan khusus.

Ayo kita mulai mempraktekkan cara membuat akun email Gmail!

 

Cara Membuat Email Gmail

 

1. Pada tahap pertama ini, silahkan anda buka terlebih dahulu halaman awal dari gmail https://accounts.google.com/signup?hl=in dan tampilannya akan terlihat seperti berikut ini:

 

 

Pada bagian kiri anda akan melihat tulisan “Anda hanya membutuhkan satu akun”. Ini maksudnya, anda tidak perlu membuat banyak akun email gmail untuk produk-produk google tersebut. 1 akun ini bisa anda gunakan di berbagai macam platform seperti: mobile, tab dan desktop.

2. Selanjutnya, anda harus mengisi data pada form yang telah disediakan. Anda bisa lihat di kota yang berwarna merah.

 

 

Ini sebenarnya pilihan, untuk anda yang ingin menggunakan akun google untuk keperluan bisnis, isikanlah biodata yang sebenarnya. Tujuannya adalah, jika anda suatu saat lupa dengan kata kunci (password) akun email gmail, atau di “hacked” oleh orang tidak dikenal, anda bisa dengan mudah mendapatkan kembali akun email gmail yang anda miliki.

 

Yuk lihat penjelasan dari form yang akan anda isi:

 

1. Nama
Isikanlah nama depan dan nama belakang anda. Jika tidak memiliki nama belakang, gunakan saja nama depan berulang

2. Pilih nama pengguna Anda
Isikanlah dengan nama email yang akan anda gunakan nantinya. Misalnya: putridinipratamasari@gmail.com

3. Buat sandi

Ini merupakan form untuk kata sandi yang akan anda gunakan untuk masuk (login) nantinya ke akun email gmail. Buatlah kata sandi yang mudah di ingat dengan mencampurkan angka, huruf, dan karakter untuk kekuatan password anda. Isikan sandi sedikitnya 8 karakter, bikin yang mudah diingat, tapi sulit untuk ditebak orang lain.

4. Konfirmasi sandi Anda
Ini form untuk mengecek password yang anda buat tadi. Silahkan anda ulang kembali password yang anda buat pada bagian atas.

5. Tanggal lahir

Anda akan diminta untuk memasukkan tanggal lahir, isikanlah dengan tahun, bulan dan tanggal kelahiran anda. Boleh di isi dengan yang asli atau yang palsu.

6. Gender
Untuk email gmail yang terbaru saat ini, sudah disediakn 4 pilihan yang bisa anda pilih. Pilihannya yaitu: Wanita, Pria, Lainnya, Tidak ingin memberi tahu.

7. Ponsel
Di depanya sudah ada tercantum logo indonesia dan angka 62. Angka 62 ini adalah ‘0’, jadi anda tinggal memasukkan sisa nomor handphone anda. Isikan dengan nomor handphone yang aktif, karena nantinya akan ada konfirmasi email dari gmail ke handphone anda untuk mengaktifkannya.

8. Alamat email anda saat ini

Untuk anda yang baru pertama kali membuat email, tidak perlu mengisi ini. Ini di isi jika anda telah memiliki alamat email lain.

9. Lokasi

Untuk lokasi biasanya sudah otomatis dengan negara asal anda. Jika bukan, anda bisa menggantinya.

 

3. Setelah anda menyelesaikan pengisian form tersebut, anda bisa melanjutkannya dengan mengklik tombol berwarna biru bertuliskan “Langkah berikutnya”. Akan tampil pop up “Privasi dan Persyaratan”. Lanjutkan dengan mengklik tombol berwarna biru yang bertuliskan “Saya Setuju”.

 

 

4. Selamat, akun email gmail anda telah berhasil dibuat. Anda akan melihat halaman berikut ini:

 

 

5. Lanjutkan dengan mengklik tombol berwarna biru yang bertuliskan “Continue”. Anda akan menuju ke halaman pengaturan akun email gmail. Tampilannya seperti berikut ini:

 

 

Pada halaman ini anda bisa mengatur kembali kata sandi (password) email gmail anda dan biodata yang lainnya. Untuk masuk ke halaman email gmail anda, klik lah logo gmail di bagian tengah atas, yang telah diberi kotak dan panah berwarna merah. Akan tampil halaman berikut ini:

 

 

6. Tampilan di atas merupakan pop up pengenalan gmail. Lanjutkan dengan mengkilik tombol “Berikutnya” sampai dengan selesai.

Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk membuat email dari google ini. Sekarang anda sudah bisa menggunakan akun gmail ini untuk berbagai keperluan, misalnya: membuat sosial media (Google Plus, Facebook, Twitter, dan lainnya), berbelanja online dan lainnya.

Untuk anda yang masih pemula, berikut ini ada sedikit penjelasan tentang kegunaan email.

 

Kegunaan Email

 

Nah, selanjutnya adalah kegunaan email. Anda harus perlu mengetahuinya, karena email bukan hanya untuk ngirim pesan saja. Ada 4 kegunaan email:

 

1. Email Untuk Media Promosi

Anda bisa menggunakan email ini sebagai media untuk promosi. Banyak perusahaan yang menggunakan email sebagai media promosi, karena gratis dan mudah.

Hampir setiap pemilik smartphone menggunakan email, tidak jarang ketika anda membuka email, anda akan mendapatkan berbagai macan email promosi.

 

2. Email Untuk Bikin Social Media dan Berbelanja Online

Saat ini, hampir setiap orang memiliki smartphone. Yakin deh, di dalam smartphone mu sudah tersedia aplikasi bawaan berbagai macam social media dan toko online. Email gmail ini, nantinya akan berguna untuk bergabung ke berbagai macam sosial media dan berbelanja online di toko online.

 

3. Mengaktifkan Smartphone Android

Bagi anda yang memiliki smartphone android, pasti telah mengetahui bahwasanya untuk mengaktifkan perangkat tersebut memerlukan email. Email ini nantinya akan di gunakan juga pada play store untuk login jikan anda ingin menginstall aplikasi di smartphone.

 

4. Mengirim Pesan

Email bertujuan untuk bisa saling mengirim pesan dari satu akun ke akun lainnya. Pesan yang anda terima dan anda kirim juga tergantung dengan kecepatan internet yang anda gunakan saat itu.

 

Keimpulan

 

Begitulah panduan atau turorial yang bisa diberikan pada tutorial kali ini untuk membuat email baru.

Jika anda telah memiliki pertanyaan atau masukan tentang panduan ini, jangan ragu-ragu untuk bertanya di form komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *