Tips Liburan

10 Cara Mudah Dan Aman Menghemat Baterai Smartphone Waktu Liburan

Smartphone merupakan sebuah benda yang hampir tidak pernah lepas dari tangan seseorang. Hampir setiap hari orang menggunakan smartphone untuk berbagai keperluan. Tapi ada sesuatu  dari smartphone yang sering membuat orang kesal yaitu daya baterai.

Daya baterai smartphone memang menjadi salah satu kelemahan untuk berbagai jenis smartphone. Ini terjadi karena smartphone dirancang untuk penggunaan daya yang besar, sehingga baterai smartphone cepat habis.

Bagi anda yang sering pergi liburan, smartphone menjadi salah satu barang yang wajib di bawa. Smartphone sering digunakan sebagai GPS untuk petunjuk arah, memesan kendaraan, sampai kepada hal bayar-membayar.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda praktekkan untuk menghemat daya baterai smartphone yang cepat habis.

Cara Mudah Dan Aman Menghemat Baterai Smartphone Tips Liburan

1. Nonaktifkan Mode Getar

Mode getar pada smartphone menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan ketika sedang liburan, karena tidak ada suara yang akan menggangu. Tapi hal ini berpengaruh besar terhadap baterai, mode getar lebih banyak menghabiskan daya dari pada mode suara (ringtone).

2. Turunkan Kontras Cahaya Smartphone

Kontras cahaya (brightness) pada smartphone yang terlalu terang akan menguras banyak sekali daya baterai anda. Sebaiknya di atur pada posisi yang sejuk di mata. Atau bisa menggunakan mode otomatis dari smartphone.

3. Mempercepat Waktu Sleep Layar Smartphone

Saat liburan, anda sering mengambil foto dengan smartphone untuk mengabadikan momen liburan. Terkadang smartphone diberikan kepada teman untuk minta tolong di fotokan, setelah mengambil foto, biasanya anda terlalu lama untuk mematikan atau mengunci smartphone. Hal ini bisa menguras daya baterai juga. Untuk menghindari ini, percepatlah waktu sleep smartphone anda menjadi yang paling terkecil, sehingga smartphone anda akan sleep secara otomatis.

4. Mengisi Daya Baterai Smartphone

Untuk anda yang sering pergi liburan, aturlah waktu untuk mengisi daya baterai smartphone. Isilah daya baterai full 100% sebelum memulai aktivitas liburannya. Bawalah smartphone yang menggunakan baterai nickel karena daya baterainya lebih tahan lama dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan baterai lithium.

5. Nonaktifkan Paket Data, WiFi, Bluetooth dan GPS

Paket Data, WiFi, Bluetooth dan GPS memang sangat diperlukan sekali ketika sedang liburan. Supaya daya tahan baterai tetep terjaga, aktifkanlah yang penting dan yang akan digunakan saja ketika smartphone berada di tangan anda.

6. Menutup Aplikasi Yang Terbuka

Menutup aplikasi yang telah dibuka menjadi hal yang sering dilupakan oleh banyak orang. Kalau aplikasinya belum di tutup, otomatis tetap berjalan. Bagi yang suka berfoto-foto di lokasi wisata, tidak akan ingat untuk menutup aplikasi kameranya.

Bagi anda pengguna smartphone android, cara menutupnya mudah sekali, tinggal tap tombol multitasking dan anda bisa menutup aplikasi yang sedang terbuka dan tidak digunakan.

7. Bikin Tampilan Home Screen Smartphone Menjadi Efisien

Widget pada smartphone akan membuat tampilan home screen anda akan menjadi keren dan berbeda dengan yang lain. Tapi, untuk anda yang sedang liburan, sebaiknya jangan menggunakan widget yang terlalu banyak apalagi ada animasinya. Hal ini akan menguras banyak sekali daya baterai.

Untuk wallpaper smartphone, gunakan yang tidak ada animasi dan cari yang size nya kecil. Bisa juga menggunakan bawaan smartphone.

8. Menjaga Suhu Smartphone

Karena smartphone sering dijadikan sebagai alat untuk berfoto-foto di luar ruangan saat liburan. Otomatis smartphone anda akan terkena cahaya matahari. Ini akan menyebabkan smartphone menjadi cepat panas dan daya baterai handphone akan terkuras habis dengan cepat.

Gunakanlah pelindung smartphone atau menggunakannya di saat anda berada di tempat sejuk dan terlindung dari sinar cahaya matahari saja.

9. Mengganti GPS dengan Melihat Peta

Bagi wisatawan, menggunakan aplikasi GPS di smartphone untuk menuju ke suatu tempat yang ingin di tuju sangat mudah sekali, hanya dengan sentuhan jari. Terlalu lama menggunakan ini akan membuat daya tahan baterai cepat habis. Untuk itu, cobalah menggunakan peta wisata konvensional untuk menuju ke suatu tempat liburan. Atau anda bisa bertanya kepada penduduk setempat kalau kesulitan dalam mencarinya. Hal ini bisa menghemat daya baterai smartphone anda.

10. Gunakan Power Bank

Jika 9 cara di atas terlalu sulit bagi anda untuk dilakukan ketika menjalani aktivitas liburan, bawalah charger portabel (Power Bank) yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone.

Jika anda menggunakan mobil atau bis dalam perjalanan wisata, bawalah charger khusus untuk di dalam mobil.

 

Kesimpulan

Hampir tidak ada smartphone yang bisa bertahan selama 24 jam di saat anda menggunakannya ketika liburan. Untuk itu, cobalah mempraktekkan 10 hal yang ada di atas. Semoga bisa membantu anda menghemat daya baterai smartphone.

Ayo share pengalaman liburanmu ketika baterai smartphonemu habis di saat liburan di form komentar di bawah ini!

Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close