Seni dan Budaya

Pacu Jawi: Spirit Of Minangkabau KAWAH CANDRADIMUKA FOTOGRAPHER

Balapan Sapi yang Extrem dari Tanah MinangKabau. Kegiatan Pacu Jawi merupakan acara permainan tradisional (budaya) anak nagari (desa) yang lahir dan berkembang di Kabupaten Tanah Datar Propinsi Sumatera Barat.

Kegiatan ini hanya ada di Kabupaten Tanah Datar dan sedikit di Kabupaten 50 Kota. Di Kabupaten Tanah Datar-pun hanya pada 4 (empat) kecamatan yaitu Kecamatan Pariangan Kecamatan Rambatan, Kecamatan Lima Kaum dan Kecamatan Sungai Tarab.

©Photo: jhoparianto (mas.uda)

Bagi para fotographer di event Pacu Jawi ini merupakan hal yang sangat menantang di sisi pemotretan yang penuh dengan adrenaline. Terasa tak lengkap untuk seorang fotographer jika tidak pernah motret langsung di arena Pacu Jawi.

Di arena Pacu Jawi ini para sobat foto dan wisatawan akan merasakan adrenalin yang cukup extrem karena di arena pacu jawi ini selain memotret juga harus waspada karena situasi yang sedikit berbahaya, sapi pacuan ini bisa saja hilang kendali dan arah.

“PACU JAWI” KAWAH CANDRADIMUKA FOTOGRAPHER

Inilah istilah yang sering di dengar para pemburu foto pacu jawi, dan serasa disinilah baret footographer di dapatkan.

Karena selain fokus kepada sapi pacuan para fotographer juga harus seksama melihat mana kira-kira momen yang bisa dijadikan bidikan, pengaturan teknik foto juga sangat menentukan di arena ini, speed (kecepatan) sapi yang berlari, momen yang di dapatkan, cahaya atau situasi cuaca dilokasi juga harus diwaspadai.

Teknis penentuan pemenang cukup unik karena mengandung filosofi bahwa sapi saja harus berjalan / berlari lurus apalagi manusia. Semakin lurus arahnya dan sepasang sapi ini bisa di kendalikan oleh sang joki sampai garis akhir dengan segala macam atraksi yang memukau warga yang menonton, itulah pemenangnya. 

©Photo: jhoparianto (mas.uda)

Atrakasi budaya Pacu Jawi ini menjadi foto yang diburu para sobat fotographer dan banyak pula diantaranya memenangi perlombaan foto dalam dan luar negeri.

Bagaimana penasaran? Ayo rasakan sensasinya sendiri Alek Nagari Pacu Jawi di sekitar Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

“Belum lengkap menyandang panggilan seorang fotographer jika belum pernah merasakan adrenalin di arena Pacu Jawi”

Untuk informasi Pacu Jawi kapan diadakan bisa di lihat di media Minangtourism ini dan juga sobat admin di Group Komunitas Pacu Jawi siap untuk membantu informasinya. Admin yang menulis ini juga hobi foto, beliau juga sebagai guide foto travelling untuk wisata alam, sosial dan budaya ranah minang.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close