Seni dan Budaya

PACU UPIAH: Permainan Tradisional Anak Nagari di Minangkabau

Pacu Upiah adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang anak atau lebih. Karena, permainan ini tidak bisa dimainkan sendiri, maka harus berkelompok.

Permainan ini banyak mengandung nilai-nilai filosofi, seperti gotong-royong dan sikap tolong menolong. Di Kota Solok sendiri, permainan Pacu Upiah dimainkan pasca panen padi.

Upiah merupakan lembaran dari pelepah pohon pinang yang sudah tua yang nantinya menjadi sebagai alat yang dipergunakan dalam kompetisi ini.

Screenshot_2018-06-09-08-55-34-01Dimana, salah seorang anak nantinya duduk diatas pelepah daun Upiah, sembari berpegangan dan kemudian salah seorang temannya akan menarik daun Upiah tersebut sembari berlari menuju tempat yang nantinya disepakati sebagai tempat akhir tujuan dari permainan tersebut.

Permainan ini dilakukan secara bergantian, sampai semua anak mendapat giliran untuk duduk diatas lembaran daun pinang tersebut. Semoga saja permainan tradisional yang lain tidak saja Pacu Upiah sanggup bertahan dari pengaruh negatif dari kemajuan teknologi.

User Rating: 4.85 ( 2 votes)
Tags
Close
Close