Seni dan Budaya

PACU UPIAH: Permainan Tradisional Anak Nagari di Minangkabau

Pacu Upiah adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang anak atau lebih. Karena, permainan ini tidak bisa dimainkan sendiri, maka harus berkelompok.

Permainan ini banyak mengandung nilai-nilai filosofi, seperti gotong-royong dan sikap tolong menolong. Di Kota Solok sendiri, permainan ini dimainkan pasca panen padi.

Permainan ini sangat unik, selain sudah diwarisi secara turun menurun tradisi ini juga terjaga sampai sekarang. Bahkan sudah dijadikan sebagai even pariwisata di Sumbar, dan tidak hanya turis local dari mancanegara pun banyak yang menyaksikan permainan ini.

Upiah merupakan lembaran dari pelepah pohon pinang yang sudah tua yang nantinya menjadi sebagai alat yang dipergunakan dalam kompetisi ini.

PACU UPIAH: Permainan Tradisional Anak Nagari di Minangkabau
Photo: @rj_motret

Dimana, salah seorang anak nantinya duduk diatas pelepah daun Upiah, sembari berpegangan dan kemudian salah seorang temannya akan menarik daun Upiah tersebut sembari berlari menuju tempat yang nantinya disepakati sebagai tempat akhir tujuan dari permainan tersebut.

Permainan ini dilakukan secara bergantian, sampai semua anak mendapat giliran untuk duduk diatas lembaran daun pinang tersebut. Semoga saja permainan tradisional yang lain tidak saja Pacu Upiah sanggup bertahan dari pengaruh negatif dari kemajuan teknologi.

Saat diadakannya Pacu Upiah, masyarakat sekitar akan berbondong-bondong menyaksikan jalannya perlombaan. Serunya pertandingan menjadi tontonan yang sangat menarik. Apalagi, area persawahan yang berlumpur kadang membuat wajah para pemain menjadi hitam terkena lumpur dan ini sangat ditunggu oleh para penggemar permainan karena mengundang gelak tawa.

Pacu Upiah merupakan salah satu tradisi masyarakat Minang yang menjadi kekayaan khasanah tradisi nusantara. Sudah menjadi tanggung jawab generasi muda untuk mencintai budaya sendiri agar tradisi seperti ini tidak hilang ditelan waktu.

User Rating: 4.93 ( 4 votes)
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close