Skip to main content

Pantai Carocok Painan: Destinasi Wisata Air Terlengkap di Sumatera Barat

Keindahan pesona alam Provinsi Sumatera Barat ditambah dengan cita rasa kulinernya yang unik dan lezat, membuat wisatawan domestik dan luar negeri ketagihan untuk berlibur ke Sumatera Barat. Ditambah dengan keramahan masyarakatnya, menjadikan siapapun yang datang berlibur tidak akan tersesat dan merasa nyaman.

Di Kabupaten Pesisir Selatan terdapat sebuah destinasi wisata pantai putih yang tidak pernah sepi pengunjung. Destinasi wisata tersebut bernama Pantai Carocok.

Pasir putih pantainya yang sungguh menawan, deretan pohon kelapa yang berjajar sepanjang pantai, membuat hati siapapun yang melihatnya akan merasa nyaman dan semua beban pikirin akibat aktivitas pekerjaan setiap harinya akan hilang.

Pantai Carocok sangat bersih dari sampah, air lautnya pun sangat jernih, memiliki tepi pantai yang landai dengan ombak yang bersahabat sehingga di tepi pantai bisa digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa untuk berenang.

 

Sejarah Pantai Carocok

 

Dahulunya di sekitaran Pantai Carocok sudah terdapat pemukiman penduduk. Penduduk di sana pada saat itu mengembala sapi. Tidak jauh dari tepi pantai, pengembala sapi mengikatkan sapi-sapinya.

Pantai Carocok disebut juga “Kandang Jawi” oleh penduduk disini, kandang jawi ini maksudnya adalah kandang sapi.

Kisaran tahun 80-an, masyarakat Painan sudah mulai berdatangan ke tepi Pantai Carocok. Mereka datang untuk menyaksikan keindahan pantai dan melihat matahari terbenam. Dari sinilah awal mula Pantai Carocok semakin dikenal oleh masyarakat Sumatera Barat.

 

Lokasi Pantai Carocok

 

Destinasi wisata Pantai Carocok terletak di sebelah barat Kota Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Dari Kota Painan, hanya berjarak 2 KM. Jika ditempuh melalui perjalanan darat dari Kota Padang bisa menghabiskan waktu lebih kurang 2 jam saja, karena jaraknya lebih kurang 75 Km.

 

Cara Menuju Pantai Carocok Dengan Berbagai Transportasi

 

Untuk menuju ke Pantai Carocok tidaklah sulit, karena akses jalan yang bagus, dipandu dengan petunjuk jalan beserta rambu-rambu lalu lintas akan memudahakan Anda menuju ke sini. Berikut ini beberapa pilihin untuk menuju ke Pantai Carocok:

 

Bandara Internasional Minangkabau

Jika anda datang dari luar Propinsi Sumatera Barat menggunakan pesawat terbang, anda dan keluarga bisa turun dari pesawat di Bandara Internasional Minangkabau. Dari sini anda bisa menggunakan jasa Taxi yang ada di bandara untuk langsung menuju ke Pantai Carocok.

Selain menggunakan jasa Taxi, anda juga bisa menyewa mobil dengan guide/supirnya jika datang bersama keluarga atau rombongan.

 

Jalur Laut

Anda bisa naik kapal cepat dari Pelabuhan Teluk bayur menuju Pantai Carocok. Atau anda juga bisa naik kapal cepat dari Pelabuhan Muaro Padang menuju ke Pantai Carocok.

 

Fasilitas Yang Ada di Sekitar Pantai Carocok

 

Sebagai salah satu destinasi wisata faforit di Sumatera Barat, di sekitar Pantai Carocok sudah menyediakan fasilitas berupa:

  1. Musholla untuk beribadah bagi wisatawan muslim
  2. Gazebo/Pendopo sebagai tempat beristirahat dan melihat keindahan Pantai Carocok
  3. Toilet untuk ganti pakaian dan buang air
  4. Lahan parkir yang luas untuk berbagai jenis kendaraan
  5. Toko yang menjual souvenir khas Pantai Carocok seperti: kaos, mainan kunci dan lainnya yang bisa anda jadikan oleh-oleh nantinya.
  6. Warung kecil yang menjual makanan-makanan khas pariaman dan minuman
  7. Rumah makan yang menyediakan lokasi makan untuk rombongan besar dan keluarga dengan berbagai macam makanan khas Minang dari daerah Painan yang akan membuat selera makan anda dan keluarga menjadi bertambah.
  8. Sudah ada penginapan dan hotel yang bisa di sewa untuk bermalam di sekitar Pantai Carocok.

 

7 Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Carocok

 

Anda tidak hanya ditawarkan dengan keindahan Pantai Carocok saja begitu sampai di lokasi. Anda juga bisa bersenang-senang dengan berbagai hal di sini, diantaranya adalah:

 

1. Permainan Air

Di kawanan wisata Pantai Carocok, anda dan keluarga bisa mencoba berbagai macam permainan air yang seru dan menyenangkan, seperti: Banana Boat, Donat Boat, Flying Boat, Jetski dan Flying Fox untuk menguji adrenalin.

 

2. Memancing

Bagi Anda yang hobi sekali memancing, Anda bisa membawa perlengkapan memancingnya ke Pantai Carocok. Anda bisa menyewa perahu untuk melakukan aktivitas memancing. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan ikan segar, yang nantinya bisa Anda masak/bakar dan dimakan bersama teman dan keluarga sambil menikmati indahnya suasana Pantai Carocok.

 

3. Berenang

Jika Anda hobi berenang, bawalah perlengkapan berenangnya. Anda bisa berenang di bibir pantai, karena ombaknya sangat bersahabat dan air lautnya yang jernih. Dan jangan lupa untuk berfoto agar momen-momen indah selama liburannya bisa terabadikan.

 

4. Snorkeling

Untuk pecinta snorkeling, Pantai Carocok memiliki keindahan bawah laut yang memukau dan mempesona. Hal ini bisa anda lihat dari berbagai macam keanekaragaman terumbu karang dan ikan hias yang eksotis. Jika anda punya kamera yang bisa untuk berfoto di bawah air, anda bisa menggunakannya untuk berfoto di sini untuk mengabadikan momen liburannya.

Anda tidak perlu membawa perlengkapan snorkeling, karena sudah ada yang menyewakan.

 

5. Menyaksikan Sunset

Pantai Carocok memiliki warna cahaya matahari yang indah ketika mulai tenggelam di sore hari yang bisa membuat mata anda akan terpesona melihatnya dan pikiran anda akan menjadi sejuk dan tenang dengan suasananya.

Untuk anda yang suka dengan fotografi, anda bisa membawa kamera jenis profesional untuk mengabadikan pesona matahari yang berwarna orange kemerahan yang sedang tenggelam (sunset) di Pantai Carocok.

 

6. Berkemah

Bagi anda dan keluarga yang suka dengan berkemah, anda bisa mempersiapakan dan membawa berbagai macam peralatan berkemahnya ke sini.

 

7. Naik Perahu Boat

Anda juga bisa berkeliling melihat pulau-pulau kecil yang berada di kawasan wisata Pantai Carocok menggunakan perahu boat dari warga sekitar yang bisa anda sewa. Pulau tersebut bernama Pulau Batu Kereta dan Pulau Cingkuak.

 

Bagi anda yang sudah tidak sabar lagi pingin ke Pantai Carocok, silahkan atur jadwal liburannya dari sekarang. Keindahan pantainya dengan berbagai macam fasilitas yang mendukung untuk berlibur, menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Sumatera Barat sebagai tujuan selanjutnya untuk berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *