Sumbar

Pasar Ibuh Kota Payakumbuh Raih (SNI) Sertifikasi Standar Nasional Indonesia Melalui Program Kemitraan “Pasar Sejahtera” Yayasan Danamon Peduli

Yayasan Danamon Peduli (“Danamon Peduli”) bermitra dengan Pemerintah Kota Payakumbuh dan Badan Standardisasi Nasional Indonesia (BSN) hari ini 5 Desember 2018 meresmikan Pasar Ibuh sebagai pasar berstandar nasional Indonesia (ber-SNI) pertama di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Sertifikasi ini diraih melalui program kemitraan bertajuk Pasar Sejahtera (sehat, hijau, bersih dan terawat) yang dijalankan Danamon Peduli. Adanya tiga persyaratan utama yaitu persyaratan umum, teknis dan pengelolaan, serta puluhan indikator lain yang wajib dimiliki sebuah pasar rakyat, menjadikan tantangan tersendiri bagi pengelola pasar untuk dapat bertransformasi menjadi pasar berstandar nasional.

Acara peresmian ini turut dihadiri Bpk Dr. Wahyu Purbowasito Setyo Waskito (Kepala Pusat Sistem Penerapan Standar, Badan Standardisasi Nasional), Ibu Zaimar, S.E., M.sc (Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Sumbar), Bpk. Dahler, S.H. (Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Payakumbuh, Ibu Restu Pratiwi (Ketua Yayasan Danamon Peduli), Bpk. Ervidel Arda (Staf Ahli Wali Kota Payakumbuh).

Dari seluruh dukungan yang diberikan Danamon Peduli bersama dengan komitmen Pemerintah Kota Payakumbuh, Pasar Ibuh berhasil meraih predikat pasar berstandar nasional Indonesia (SNI 8152:2015 Pasar Rakyat) dari total pasar rakyat sekitar 9.000-an di seluruh Indonesia dan menjadi yang pertama di Pulau Sumatera.

Kontributor: Septiyan Mandami, Payakumbuh

Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close