Internasional

Pimpinan DPRD Sumbar Kunjungi Mahasiswa Minang di Kairo

Kairo- Berita bahagia kembali datang dari Urang Awak di Kairo, pasalnya warga minang Mesir didatangi tamu istimewa dari kampuang yaitu Rombongan DPRD Sumbar pada 26 November 2018 lalu.

Rombongan yang terdiri dari Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim, Wakil ketua DPRD Guspardi Gaus dan beberapa orang  anggota DPRD lainnya ini mengadakan kunjungan kerja ke beberapa instansi penting di Kairo termasuk Universitas Al-Azhar.

Kedatangan Rombongan ini lansung disambut oleh panitia dari Kesepakatan Mahasiswa Minang (KMM Mesir) yang merupakan sebuah organisasi mahasiswa minang yang ada di negara ini. Rombongan ini berada di Kairo hingga tanggal 30 November lalu.

Setelah mengunjungi beberapa intansi sebagai bagian dari kunjungan kerja, rombongan ini juga singgah ke Wisma KBRI yang terletak di Garden City, Kairo dan  bertemu dengan Dubes RI untuk Mesir, Helmy Fauzi dan Atase Pendidikan KBRI Kairo Usman Syihab.

Setelah itu, agenda terakhir rombongan pada hari ketiga yaitu singgah ke Rumah Gadang KMM Mesir, yang merupakan sektretariat dan kantor pusat organisasi ini yang menjadi pusat kegiatan dari 400 an warga Minang di Mesir.

Setibanya di lokasi, para rombongan DPRD pun disambut dengan tari pasambahan yang dibawakan oleh mahasiswa minang yang berkuliah di Al-Azhar, juga memberikan carano yang berisi buah Strawberry.

tentu saja penyambutan yang meriah ini membuat rombongan DPRD Sumbar menjadi takjub dan terkesan, terutama ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim.

“Saya tidak menyangka akan disambut semeriah ini, apalagi dengan tari pasambahan, ini sangat patut kita apresiasi, budaya minang masih dilestarikan disini” ujarnya.

Kunjungan kali ini merupakan kunjungan yang istimewa, pasalnya sudah 10 tahun lamanya mahasiswa Minangkabau di Mesir tidak dikunjungi oleh pihak pemerintah, baik itu DPRD maupun Pemerintah Daerah, sehingga kesempatan langka ini digunakan oleh Abdul Rahman Taufiq sebagai Gubernur KMM Mesir untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan kepada ketua DPRD Sumbar bapak Hendra Irwan Rahim.

Pimpinan DPRD pun mempersilahkan mahasiswa minang menyampaikan segala masukan dan permintaan yang berguna untuk kesejahteraan mahasiswa Minangkabau yang ada di Mesir.

“Saya berada disini untuk mendengarkan aspirasi kalian, jadi silahkan disampaikan apa yang selama ini menjadi problem mahasiswa, dan juga sampaikan apa yang dibutuhkan sehingga kami bisa tahu dan membantu kalian” Ujar Hendra Irwan Rahim kepada pimpinan KMM Mesir di Rumah Gadang KMM yang teretak di Distrik Tajammu’ Awwal, Kairo.

“Kami sangat senang dengan kehadiran DPRD disini, banyak hal ingin kami sampaikan yang hal itu terkait dengan keadaan warga Minang yang sudah 10 tahun tidak dikunjungi oleh pemerintah” ujar Gubernur KMM, Abdul Rahman Taufiq

Gubernur KMM Mesir juga  menyampaikan beberapa aspirasi, diantaranya bantuan dana peremajaan dan renovasi Rumah Gadang yang menjadi kebanggaan mahasiswa Minang di Kairo yang sudah lama tidak dilakukan.

Tidak hanya itu, dana bantuan pendidikan pun juga disampaikan kepada rombongan DPRD, mengingat hanya 10 persen saja mahasiswa Minang di Kairo yang mendapat beasiswa dari Universitas Al-Azhar, sedangkan 90 persen lainnya harus menggunakan dana pribadi.

Rombongan DPRD SUmbar pun memahami hal ini dan memberikan solusi untuk kemakmuran mahasiswa Minang di Kairo, salah satunya dengan mengusulkan untuk mendirikan lembaga usaha kecil yang hasilnya akan digunakan untuk membantu mahasiswa yang kesulitan dalam membayar biaya hidup dan perkuliahan.

Acara dilanjutkan dengan bincang basamo bersama puluhan mahasiswa Minang di Kairo, dan ditutup dengan sesi foto bersama dan ramah tamah.

para Anggota DPRD yang datang mengaku terkesan dengan mahasiswa Minang  ini, mereka berharap ratusan mahasiswa Minang yang ada disini untuk segera pulang dan bersama-sama  berjuang untuk membangkitkan kampung halaman mereka.

Rumah Gadang KMM Mesir merupakan bantuan dari Gubernur Sumatra Barat tahun 2008 yang menjadin rumah bagi 400 an mahasiswa Minangkabau yang ada disini.

Kontributor: Tareq Albana, Kairo.

Tags
Close
Close