Pariaman

Destinasi Wisata Pulau Angso Duo

Sumatera Barat memiliki banyak sekali wisata pulau yang cantik dengan pemandangan alam dan bawah lautnya yang eksotis. Salah satunya adalah Pulau Angso Duo. Sebuah pulau kecil nan indah yang memiliki daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Pulau Angso Duo ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat mempesona dengan keanekaragaman terumbu karang, ikannya yang bervariasi dan air lautnya yang jernih. Ini yang menjadikan wisatawan domestik dan mancanegara banyak berlibur ke Pulau Angso Duo.

Masyarakat sudah ada yang tinggal di Pulau Angso Duo ini, mereka sudah membuka warung makan, jadi jangan takut kelaparan di pulau ini.

Pulau Angso Duo ini sangat bersih dari sampah, karena sudah ada fasilitas berupa tempat sampah hampir di setiap posisi sudut pulau ini. Jadi, jika anda ingin membuang sampah, buanglah pada tempatnya.

Bagaimana Cara Menuju Ke Sini ?

Ini yang selalu menjadi pertanyaan wisatawan untuk sebuah destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

“Cara ke sananya gimana ya?”

Berikut ini akan Minangtourism jelaskan bagaimana cara untuk menuju Pulau Angso Duo:

1. Dari Bandara Internasional Minangkabau

Jika Anda salah satu wisatawan dari luar Sumatera Barat yang turun di Bandara Internasional Minangkabau, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Taxi atau mobil carteran menuju Dermaga Pantai Gandoriah yang berjarak lebih kurang 25 Kilometer.

2. Naik Kerata Api

Di Sumatera Barat masih ada kereta api yang aktif dan beroperasi untuk mengantarkan penumpang dari satu stasiun ke stasiun lainnya.

Jika anda dari Kota Padang, anda bisa naik kereta api Stasiun Padang (Stasiun Simpang Haru). Stasiun ini beralamat di Jalan Stasiun No. 1, Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur, Padang, Sumatera Barat.

Jika Anda naik dari stasiun ini, ambillah jurusan kereta yang menuju ke Stasiun Pariaman (PMN) yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro, Kampung Pondok I, Pariaman Tengah, Pariaman.

Sesampainya di Stasiun Pariaman (PMN), Anda tinggal berjalan kaki lebih kurang 1-2 menit ke Dermaga Pantai Gandoriah untuk menyebrang menuju Pulau Angso Duo menggunakan perahu wisata yang bisa menampung 30 wisatawan.

 

Jadwal Penyebrangan Kapal ke Pulau Angso Duo

Dari Pantai Gandoriah ini, Anda bisa naik perahu wisata yang digunakan untuk membawa wisatawan ke Pulau Angso Duo dengan waktu tempuh lebih kurang 10 menit. Jangan lupa, untuk penyebrangan terkahir menuju Pulau Angso Duo adalah jam 15:00 WIB dan kembali lagi ke Pantai Gandoriah jam 18:00 WIB.

Ketika turun dari perahu wisata, pantai berpasir putih telah terhampar untuk menyambut kedatangan Anda. Angin akan berhenbus ke wajah dan kulit Anda untuk memberikan sensasi yang menyegarkan.

Ketika Anda menginjakkan kaki di pasir putihnya dengan percikan air laut jernih berombak kecil, akan membuat stres dan beban pikiran Anda hilang.

 

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Angso Duo

1. Wisata Religi

Pulau Angso Duo dengan luas datarannya lebih kurang 5,13 Ha yang terdiri dari 1,25 Ha berupa hamparan pasir, 3,88 Ha berupa kawasan vegetasi dan ditambah dengan luas terumbu karangnya 16,49 Ha, menyimpan nilai sejarah, karena terdapat makam yang telah berusia ratusan tahun.

©Photo: Aberin Nando (via Google Maps)

Makam Katik Sangko namanya, makam ini panjangnya lebih kurang 4,5 Meter. Banyak sekali orang yang berziarah ke makam ini, termasuk wisatawan yang datang.

Syekh Katik Sangko merupakan seorang ulama besar yang telah menyebarkan Agama Islam di tanah Minangkabau. Beliau merupakan kerabat dari syekh Burhanuddin.

©Photo: Yofan SyaRif

Di dekat makam ini ada sebuah musholla, orang Minang menyebutnya dengan “Surau”.

Surau ini diberi nama dengan Surau Katik Sangko. Anda dan keluarga yang beragama islam, bisa menggunakan surau ini untuk beribadah.

 

 

 

 

2. Memancing

Bagi Anda yang hobi sekali memancing, Anda bisa membawa perlengkapan memancingnya ke pulau ini. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan ikan segar dari pulau ini, yang nantinya bisa Anda masak/bakar dan dimakan bersama teman dan keluarga sambil menikmati indahnya suasana Pulau Angso Duo.

3. Berenang

Jika Anda hobi berenang, bawalah perlengkapan berenangnya. Anda bisa berenang di bibir pantai, karena ombaknya sangat bersahabat dan air lautnya yang jernih. Dan jangan lupa untuk berfoto agar momen-momen indah selama liburannya bisa terabadikan.

4. Snorkeling

Untuk pecinta snorkeling, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Angso Duo ini dengan melihat berbagai jenis keanekaragaman terumbu karang dan ikan hias yang masih alami. Jika anda punya kamera, anda bisa foto underwater di sini untuk mengabadikan momen liburannya.

5. Permainan Air

Bagi anda dan keluarga yang suka permainan air, sudah terdapat permainan air seperti banana boat yang bisa membuat adrenalin anda semakin terpacu.

6. Mengelilingi Pulau

Pulau Angso Duo yang memiliki luas lebih kurang 5,13 Ha yang terdiri dari 1,25 Ha berupa hamparan pasir, 3,88 Ha ini, bisa anda jelajahi dalam waktu 25 menit berjalan kaki sambil menikmati keindahan alam pulau ini.

Anda dan keluarga bisa mengelilingi pulau ini tanpa ada rasa khawatir akan tersesat, karena telah disediakan jalur pejalan kaki. Selama perjalanan, anda akan melihat pepohonan yang hijau, gazebo-gazebo dari kayu yang digunakan wisatawan untuk bersantai melihat keindahan pantai Pulau Angso Duo.

Di dalam perjalanan nanti, anda dan keluarga akan menemukan kawasan berupa taman. Taman ini diberi nama OPC yang merupakan singkatan dari Orang Pariaman Creative. Di taman OPC ini, anda bisa berfoto dengan properti zaman dahulu yang telah di rancang sedemikian rupa dengan nuansa klasiknya.

7. Menginap

Jika anda merasa belum puas seharian di Pulau Angso Duo, Anda bisa menginap di pulau ini. Masyarakat yang mengelola pulai ini sudah menyediakan penginapan semacam homestay untuk bermalam bagi wisatawan. Jika malam telah tiba, anda akan melihat indahnya bintang dan bulan bersinar.

8. Berkemah

Bagi yang suka dengan berkemah, anda juga bisa membuat tenda untuk bermalam di pulau ini.

 

Fasilitas Yang Ada di Pulau Angso Duo

Fasilitas pendukung yang ada di destinasi wisata Pulau Angso Duo di antaranya:

  • Musholla
  • Toilet
  • Homestay/Penginapan
  • Tempat Makan
  • Gazebo
  • Keamanan
  • Tong Sampah
  • Permainan Air
  • Lokasi Berkemah

Semoga artikel ini bisa membantu Anda dan keluarga untuk datang berlibur ke Pulau Angso Duo.

Dilarang menggunakan gambar dan video yang ada pada artikel ini sebelum Anda mendapatkan ijin dari pemilik Aslinya.
Menurut kami, masih banyak hal-hal di Pulau Angso Duo yang belum masuk di artikel ini. Jika Anda memiliki informasi yang lain, silahkan di tambahkan di komentar.

User Rating: 4.7 ( 1 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close