Pesisir Selatan

Destinasi Wisata Pulau Pagang yang Memukau

Sumatera Barat tidak hanya terkenal akan wisata kulinernya saja. Ada juga wisata pantai dan pulau, salah satu yang mempesona yaitu Pulau Pagang. Pulau indah berpasir putih perawan yang sungguh menggoda.

Pulau seluas 10 hektar ini punya pantai berpasir putih yang empuk dan hangat, pohon nyiur melambai mendominasi hutan kecil yang masih alami. Dikelilingi perairan berwarna biru jernih nan tenang dan gugusan terumbu karang yang terpelihara membuat Pulau Pagang menjadi incaran mereka penghobi snorkeling, atau sekedar ingin merasai sensasi berenang di laut lepas.

Photo: Instagram @unggehtabang

Lokasi Wisata

Tempat wisata yang satu ini terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung yang masuk wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Jaraknya sendiri tidak begitu jauh dari pusat Kota Padang sekitar 13 kilometer. Pulau ini lokasinya sangat dekat dengan Pulau Pamutusan.

Cara Menuju Kesini

Untuk menuju ke sini, anda bisa mendatanginya lewat dua jalur.

Pertama, dari Kota Padang. Carilah angkot jurusan Pelabuhan Muaro, trus sampai di pelabuhan kamu bisa menyewa perahu motor untuk membawamu ke Pulau Pagang. Durasi penyeberangan juga nggak lama, hanya sekitar 40 menit hingga 1 jam.

Kedua, lewat Kabupaten Pesisir Selatan. Dari pusat kota naik angkot atau taksi ke Pelabuhan Carocok Tarusan, trus di pelabuhan kamu bisa menyewa perahu motor bapak-bapak nelayan yang akan mengantarmu ke Pulau Pagang dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Photo: Instagram @efendi.idris

Yang Bisa Dilakukan

Tidak hanya dekat dengan Pulau Pamutusan yang menjadi daya pikat dari pulau pagang. Melainkan beberapa aktifitas seru yang ditawarkan dan bisa kita lakukan diantaranya adalah:

1. Sorkeling

Salah satu yang paling digemari di Pulau Pagang ini adalah snorkeling. Kejernihan air dan terlihatnya karang dari permukaan membuat ikan berwarna cantik bisa dijumpai di pantai pulau ini. Keanekaragaman hewan laut pun bisa menjadi pesona tersendiri. Tidak perlu membawa alat snorkeling, anda bisa menyewa peralatan pada pengelola pulau, atau bisa juga se paket dengan foto underwater.

Lihat juga :   9 Lokasi yang Sangat Indah Menikmati Pesona Danau Singkarak

2. Foto Underwater

Foto underwater sangat digemari oleh para pengunjung, di bagian kanan dari dermaga pertama kali sampai merupakan spot terindah untuk melakukan aktifitas ini. Selain banyak hewan lautnya, berfoto disini juga sangat instagamable terutama bagi yang aktif di medsos.

3. Memancing

Hobi memancing ? tidak ada salahnya mencoba spot memancing yang menghadirkan banyak ikan-ikan. Tetapi, saat memutuskan memancing disini, anda harus sedikit bersabar lantaran, ikan yang ada disini cukup sulit di dapatkan.

Untuk anda yang hobi sekali mancing mania, bisa juga menyewa perahu untuk memancing sambil berkeliling pulau.

4. Menikmati Sajian Kuliner

Kurang afdol rasanya bila kita tidak menikmati sajian kuliner yang ada di tempat ini. Berbagai olahan dan sajian nikmat seperti ikan kwe, kakap merah, kerapu, ada disini dan dijamin fresh karena diambil dari tangkapan para nelayan.

Kita bisa memesannya dengan berbagai macam olahan. Bisa bakar atau juga goreng. Bisa dengan bumbu asam manis, juga bisa dengan bumbu rujak yang rasanya nikmat menggoda.

Selain yang 4 di atas, anda juga bisa menikmati paket wahana air lainnya, seperti jetski, banana boat.

Penginapan

Bermacam fasilitas bisa Anda dapatkan disini, mulai untuk bersantai di cafe, toilet dan kamar mandi, sampai penginapan yang berjenis cottage bisa anda dapatkan. Untuk listrik, pengelola pulau menyediakan generator diesel yang bisa di operasikan mulai sore hari sampai keesokan paginya.

Untuk penginapan sendiri anda tidak akan merasa dirugikan, karena harganya sangat terjangkau dan tentunya mempunyai privasi yang jauh dari kebisingan dibanding dengan aktifitas anda sehari-hari yang bekerja di kantor dan bahkan di pusat kota besar.

Jika menginap disini, maka anda akan menikmati pemandangan sunset yang luar biasa, anda bisa menikmatinya dari puncak bukit pulau dengan hanya berjalan sekitar 10 menit saja, matahari pun terlihat terbenam di tengah hamparan laut Samudera Hindia yang sangat luas.

Lihat juga :   Terluas Kesebelas di Indonesia, Danau Maninjau Menyimpan Panorama Alam yang Mengagumkan

Kemudian keesokan paginya, anda bisa berjalan di sepanjang pinggir pantai dengan pasir yang putih dan air yang jernih. Pemandangan karang pun terlihat sangat jelas ke permukaan. Tidak salah jika Pulau Pagang merupakan wisata surga bahari Sumatera Barat.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata

Untuk Anda dan Keluarga bisa menikmati keindahan tempat wisata ini, Anda akan dikenakan biaya masuk yang tidak mahal. Tiket masuknya sendiri hanya Rp 25.000,00 per orang.

Tempat wisata yang sangat menakjubkan ini buka setiap hari. Oleh karena itu, Anda bisa datang ke destinasi wisata ini kapan saja bersama orang yang Anda sayangi.

Tips Wisata saat Mengunjungi Pulau Pagang

Sebelum Anda bepergian ke Pulau Pagang, sebaiknya siapkanlah mental terlebih bagi Anda yang biasa hidup di daerah perkotaan, karena di pulau ini jaringan listrik begitu terbatas, selain itu jarak antara pulau dengan kawasan perkotaan begitu jauh.

Selain itu, bawalah baju nyaman dan yang bisa menyerap keringat serta bawa air mineral dan makanan yang cukup. Kemudian siapkan juga losion anti nyamuk karena nyamuk di sana terkenal ganas. Tisu basah atau cairan pencuci tangan juga sangat perlu dibawa agar tangan tetap higienis. Dan jangan lupa juga bawa obat-obatan.

Fasilitas

Fasilitas pendukung pariwisata di sini: Penginapan, Musholla, Toilet, Snorkeling, Area Berkemah, dan bangku-bangku bagi pengunjung agar bisa bersantai.

Pulau Pagang adalah keindahan lain dari Sumatera Barat yang tersembunyi. Keindahannya memang tidak boleh ditolak Apalagi, letaknya yang tidak jauh dari kota Padang. Ayo datang dan nikmati kemegahan Objek wisata ini, jangan lupa ajak teman, sahabat,serta keluarga dan rasakan keseruannya.

User Rating: 5 ( 2 votes)
Source
kenasih.comrentalmobilpadang
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close