Skip to main content

Puncak Lawang: Destinasi Wisata Keluarga Penuh Petualangan Ditemani Pesona Danau Maninjau

Keindahan alam Sumatera Barat yang dikelilingi oleh hamparan bukit dan gunung yang hijau, menjadikannya sebagai tujuan berlibur bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

Bagi anda yang lagi mencari lokasi berlibur, terdapat destinasi wisata di dataran tinggi Kabupaten Agam dengan panorama alam yang sungguh menggoda, bisa anda jadikan sebagai tujuan wisata keluarga. Destinasi wisata ini diberi nama “Puncak Lawang”.

Puncak Lawang memiliki pesona alam berupa perbukitan yang hijau dengan udaranya yang segar. Di atasnya ditumbuhi banyak pohon pinus dengan panorama alam Danau Maninjau. Itulah kesan pertama ketika anda menjejakkan kaki di kawasan wisata ini.

 

Lokasi Puncak Lawang

Puncak Lawang berada di ketinggian 1.210 mdpl pada suatu puncak dataran tinggi yang hijau dan mempesona, tepatnya di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

 

Cara Menuju Puncak Lawang

Akses jalan yang sudah bagus, di lengkapi dengan rambu-rambu petunjuk arah, ditambah dengan keramahan warga, akan memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke Puncak Lawang. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara alternatif untuk menuju Puncak Lawang:

 

1. Bandara Internasional Minangkabau

Sumatera Barat sudah memiliki sebuah bandara yang diberi nama Bandara Internasional Minangkabau. Wisatawan domestik dan mancanegara bisa datang ke Sumatera Barat dan turun di sini. Berikut ini beberapa alternatif bagi anda untuk melanjutkan perjalanan ke Puncak Lawang dari Bandara internasional Minangkabau:

 

Naik Taksi

Jika anda turun di Bandara internasional Minangkabau, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Puncak Lawang menggunakan Taksi yang sudah di sediakan di bandara. Dengan cara ini, anda akan sampai tepat waktu dan tidak akan pindah-pindah mobil.

 

Rental Mobil

Untuk anda yang datang secara rombongan dan keluarga, anda bisa naik travel atau sewa mobil beserta guide yang ada di bandara untuk menuju Puncak Lawang. Dengan cara ini, anda bisa bercengkrama dengan supir/guide travel selama perjalanan untuk mendapatkan informasi lebih jauh tentang Puncak Lawang dan wisata Sumatera Barat. Anda juga akan sampai tepat waktu dan turun di Jam Gadang tanpa pindah-pindah mobil.

 

2. Kendaraan Pribadi

Untuk anda yang ingin mengunjungi Destinasi Wisata Puncak Lawang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, anda bisa mencoba rute berikut ini:

 

Rute Pertama

Jika anda memulai perjalanan dari Kota Bukittinggi, teruskanlah perjalanan menuju ke Simpang Tiga Matua atau Matur dan beloklah ke kanan, jika anda ragu, bertanyalah kepada warga disini. Dari Simpang Matua ini, jarak Puncak Lawang sudah dekat, lebih kurang 4 kilometer lagi. Saat anda melalui jalur ini, Anda akan menjumpai Perkebunan Tebu Lawang.

Rute Kedua

Untuk anda yang ingin melihat panorama Danau Maninjau selama perjalanan, ambillah jalan melalui Ambun Tanai, tepatnya di awal jalan Kelok 44. Anda juga bisa mampir terlebih dahulu ke Destinasi Wisata Ambun Tanai jika tidak terburu-buru.

 

3. Berjalan Kaki

Bagi anda yang tinggal di daerah Kabupaten Agam dan dekat dengan Puncak Lawang, anda bersama teman ataupun keluaraga bisa berjalan kaki menuju Puncak Lawang pada hari libur dengan berkativitas jogging. Berikut ini rute yang bisa anda pilih untuk berjalan kaki menuju Puncak Lawang:

 

Rute Pertama

Jika anda tinggal di Pasa (Pasar) Bayua dan memulai perjalanan dari sini, anda bisa menempuh perjalanan dengan berjalan kaki lebih kurang 1 jam dengan jarak lebih kurang 4 kilometer.

Melewati jalan dengan rimbunnya pepohonan dibagian kiri dan kanan, udaranya yang sejuk, dan panorama alamnya yang indah, akan membuat perjalanan anda tidak akan terasa begitu capek dan lelah.

 

Rute Kedua

Puncak Lawang juga bisa anda jadikan sebagai alternatif untuk latihan marathon. Mulailah perjalanan dari Pasa (Pasar) Akaik yang berjarak 8 kilometer dari Puncak Lawang. Bisa anda tempuh dengan berjalan kaki lebih kurang 4 jam.

Melalui jalur ini, anda akan melihat hamparan persawahan yang menghijau dengan berbagai pohon rindang di sisi jalannya. Anda bisa marathon sambil menikmati pemandangan ini.

 

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan Di Puncak Lawang

Jika anda dan keluarga sudah berada di Puncak Lawang, ada beberapa kegiatan seru yang bisa anda lakukan, diantaranya:

 

1. Bersantai di Hutan Pinus

Puncak Lawang ditumbuhi oleh pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, berjajar dengan rapi yang memiliki pesona tersendiri bagi yang melihatnya.

Anda bisa menjelajahi hutan pinus ini atau bersantai di sini bersama keluarga sambil makan-makan menikmati keindahan alam Puncak Lawang. Jangan lupa untuk berfoto bersama keluarga untuk mengabadikan momen indah liburannya.

Lokasi ini juga bagus untuk dijadikan sebagai lokasi prewedding dan fotografi alam, karena memiliki latar yang fotogenik.

 

2. Menikmati Pesona Alam Danau Maninjau

Puncak Lawang menjadi salah satu alternatif untuk melihat keindahan sebuah Danau Maninjau, yang merupakan danau terbesar ke-2 di Sumatera Barat. Anda bisa melihat dengan jelas secara keseluruhan Danau Maninjau dari sini.

Bagi anda pecinta fotografi alam, Puncak Lawang bisa menjadi salah satu spot yang wajib anda kunjungi untuk mencoba kamera profesional yang anda miliki.

 

3. Mencoba Wahana Permainan Puncak Lawang

Setelah anda dimanjakan dengan pemandangan Danau Maninjau yang begitu menakjubkan dari Puncak Lawang, anda juga bisa mencoba berbagai macam wahana permainan bersama keluarga. Wahan permainan ini bisa menguji adrenalin dan keberanian anda.

 

Beberapa wahana permainan yang ada di Puncak Lawang yang bisa anda coba bersama keluarga:

a. Flying Fox

Anda bisa mencoba permainan Flying fox yaitu, meluncur dari sebuah pohon yang telah dibuatkan tempat khususnya, dengan menggunakan tali dan telah dilengkapi dengan pengaman.

Permainan ini bisa di lakukan oleh anak-anak sampai dengan orang dewasa. Permainan Flying Fox ini bisa melatih untuk cepat mengambil keputusan, melatih keberanian dan merubah pola pikir.

 

b. Melintasi Jembatan Goyang

Anda bersama keluarga juga bisa mencoba naik Jembatan Goyang yang bergoyang-goyang jika anda berjalan diatasnya, dibutuhkan keseimbangan dan kekuatan untuk melewati ini untuk sampai ke ujungnya.

 

c. Melintasi Jembatan Ban

Anda dan keluarga juga bisa mencoba melintasi jembatan ban, yang terbuat dari ban-ban bekas.

 

d. Panjat Tali

Bagi anda yang hobi panjat tali, juga sudah disediakan wahana panjat tali untuk mengasah kekuatan tangan dan kaki anda.

 

e. Jembatan Tali

Anda bersama keluarga juga bisa mencoba naik Jembatan Tali yang bergoyang-goyang jika anda berjalan diatasnya. Dibutuhkan keseimbangan dan kekuatan untuk melewati ini untuk sampai ke ujungnya

 

f. Naik Paralayang

Bagi orang dewasa yang memiliki mental dan nyali yang kuat, bisa mencoba naik paralayang dari lokasi yang telah disediakan di Puncak Lawang. Anda akan di temani oleh pemandu paralayang yang profesional untuk terbang melihat keindahan alam Danau Maninjau dan melihat Puncak Lawang dari kejauhan.

Naik Paralayang akan menjadi hal baru dalam hidup anda. Anda bisa membawa tongsis dan kamera untuk membuat video dan berfoto dari atas sebagai kenang-kenangan.

Puncak Lawang juga dijadikan sebagai lokasi kejuaraan olahraga Paralayang Internasional. Karena memiliki spot yang terbaik se Asia Tenggara.

 

4. Berkemah

Bagi anda dan keluarga yang ingin berkemah, di kawasan wisata Puncak Lawang sudah disediakan area untuk berkemah. Dengan mencoba berkemah, anda dan keluarga akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa, dan bisa membuat keluarga semakin harmonis.

Persiapkanlah segala kebutuhan berkemah dari rumah, jangan lupa bawa obat-obatan dan jaket yang tebal untuk melindungi kulit anda dari dinginnya udara Puncak Lawang.

 

Fasilitas Pendukung di Kawasan Wisata Puncak Lawang

Bagi wisatawan domestik dan internasioanl yang datang bersama keluarga ke Destinasi Wisata Puncak Lawang, sudah tersedia berbagai fasilitas yang akan membantu dan memudahkan anda selama liburan, diantaranya adalah:

  1. Lahan Parkir yang Luas
  2. Rumah Makan
  3. Kios-Kios Souvenir
  4. Musholla
  5. Toilet
  6. Area berkemah
  7. Wahana Permaian
  8. Tong Sampah
  9. Petugas Kemanan
  10. Penginapan
  11. Kursi untuk bersantai
  12. Gazebo untuk bersantai dan tidur-tiduran

 

Puncak lawang yang memiliki sejuta pesona keindahan alamnya, sangat di rekomendasikan untuk wisata keluarga, karena sudah tersedia berbagai fasilitas yang mendukung.

Semoga artikel ini bisa membantantu anda dan keluarga untuk datang berlibur ke Puncak Lawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *