Agam

Keindahan Taman Rafflesia Batang Palupuh, Bunga Langka yang Unik

Jenis Rafflesia merupakan tumbuhan unik, karena termasuk dalam parasit sempurna yang tidak memiliki batang, daun, dan akar sejati, serta salah satu darinya merupakan bunga tunggal terbesar di dunia.

Photo: Instagram @maizalchaniago

Di Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam terdapat kawasan konservasi yang fokus untuk membudidayakan flora Rafflesia. Kawasan ini memiliki luas lebih kurang 3,4 hektar. Dan berjarak lebih kurang 10 kilometer dari Kota Bukittinggi.

Kekayaan sumberdaya alam hayati dalam bentuk flora di kawasan konservasi Taman Rafflesia Batang Palupuh adalah salah satu aset bangsa yang harus dilindungi dan diteliti untuk dapat diketahui manfaatnya baik bagi ilmu pengetahuan maupun bagi kemanusiaan dalam arti luas.

Di taman ini, Anda bisa melihat keindahan berbagai aneka Rafflesia. Sebelumnya, datanglah ke bagian informasi untuk menggunakan jasa pemandu. Anda akan dibawa menyusuri jalan setapak sepanjang 1-2 kilometer untuk melihat aneka Rafflesia. Anda dapat menggali apa saja terkait Rafflesia Arnoldi pada pemandu.

Bagi anda yang ingin datang ke tempat ini, berkunjunglan ketika musim hujan datang, antara bulan Juni – Desember untuk melihat bunga raksasa yang menakjubkan ini mekar.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism
Close
Close