Nasional

Rakor Teknis TdS 2018 dengan Rute Sejauh 1.267 Km Berjalan Lancar

Sumatera Barat, Minangtourism.com – Menjelang even internasional Tour de Singkarak (TdS) pada tahun 2018, Dinas Pariwisata Sumatera Barat kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis yang diadakan di Hotel Whizz Padang, Jumat (21/9).

Pelaksanaan Tour de Singkarak yang ke-10 ini akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 11 November 2018, namun acara balap sepeda ini masih bisa berubah sesuai kalender even Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International).

Rapat Koordinasi kali ini membahas kelaikan jalan dan jalur yang akan dilewati oleh para peserta. Pada Rakor juga di bahas komitmen dari instansi yang terkait dengan jalan.

Rapat koordinasi teknis TdS 2018 di hadiri oleh perwakilan kabupaten dan kota, Balai Jalan Nasional, dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Oni Yulfian mengatakan, dari hasil survei kelapangan kemaren, masih ada beberapa titik yang perlu di perbaiki dan di tingkatkan kualitas jalannya sehingga layak untuk di lalui oleh peserta TdS 2018.

“Ada beberapa titik yang harus kita perbaiki seperti jalan lintas Baso – Piladang, tapi tim teknis menyebutkan secara teknis tidak perlu banyak yang harus di perbaiki, dalam waktu 12 hari pekerjaan jalan itu akan selesai,” ujarnya.

Selain itu Oni juga menyebutkan, bahwa pada event internasional Tour de Singkarak 2018 ini akan dilaksanakan delapan etape dengan melibatkan 16 dari 19 kabupaten dan kota dan di ikuti oleh 20 Team dari 26 Negara.

“Delapan etape ini akan menempuh rute sepanjang 1.267 kilometer, Kota Wisata Bukittinggi terpilih menjadi lokasi grand start Tour de Singkarak (TdS) ke-10 tahun 2018 sementara Kota Pariaman menjadi grand finish, kata Oni Yulfian.

Tiga Kabupaten di Sumatera Barat, dipastikan tidak ikut serta pada 2018 karena keterbatasan anggaran daerah. Ketiganya memiliki keterbatasan sendiri. Kabupaten Kepulauan Mentawai sejak awal memang belum bisa diikutsertakan karena keterbatasan infrastruktur.

Sementara itu Padangpariaman pada waktu yang berdekatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang cukup banyak menelan anggaran. Pasaman Barat menfokuskan anggaran untuk mengeluarkan daerah dari status tertinggal. (*)

Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism
Close
Close