Kuliner

Rendang Telur yang Enak dan Sederhana Khas Minangkabau

Ayo kita mengenal Rendang Telur! Minangkabau kaya akan ragam budaya. Tak hanya budaya dalam hal adat-istiadat, keunikan sistem matrilinealnya, atau objek wisatanya yang begitu menggoda. Namun, kuliner Minangkabau juga termasuk kuliner yang enak dan lezat di setiap lidah etnis manusia, salah satunya adalah rendang. Hal ini dibuktikan dengan dirilisnya survei oleh CNN Internasional yang menyatakan bahwa rendang meraih urutan pertama dalam World’s 50 Delicious Food.

Rendang telur menjadi salah satu varian dari rendang yang di buat oleh masyarakat di Nagari Minangkabau. Rendang ini menjadi kuliner yang sangat menggugah selera dan masih belum banyak yang mengetahui resep dan cara pembuatannya dalam masyarakat.

Hal ini mungkin bisa terjadi karena populernya rendang daging, sehingga banyak orang tidak mengetahui bahwa telur pun bisa dibikin menjadi rendang. Citarasa yang dihasilkan tidak kalah dengan rendang daging, sangatlah lezat. Kelezatan dari rendang telur yang dibuat sampai kering ini diketahui berasal dari bumbu rendang yang meresap dengan sempurna ke dalam telur. Artinya, pembuatan dan pengolahan bumbu-bumbu rendang pun memiliki peran yang sangat penting.

Tahukah Anda seperti apa wujud rendang telur khas Minang yang sebenarnya? Bagi anda yang tidak berasal dari Suku Minangkabau asli, atau ada keturunan minang yang dibesarkan di perantauan kemungkinan bisa salah dalam menebak bentuk rendang ini.

Hasil akhir rendang ini tidak mirip seperti rendang daging. Jika daging diolah menjadi rendang, maka hasilnya akan tetap berwujud daging. Namun, jika telur yang dimasak menjadi rendang, maka hasilnya tidak lagi berbentuk telur, melainkan jadi seperti keripik dan rasanya tak kalah dengan rendang daging. Bisa dijadikan cemilan atau teman makan nasi anda.

Lihat juga :   Kue Kareh-Kareh, Kuliner Tradisional Asli Sumatera Barat

Cara Membuat Rendang Telur

Tidak hanya dagingnya saja, telur unggas pun bisa dijadikan rendang. Rendang telur dibuat bukan dengan telur rebus yang dimasukkan ke dalam kuah santan. Rendang yang inofatif ini dibuat dari adonan telur dadar dicampur dengan tepung terigu atau tepung tapioka.

Biasanya 1 kg tepung terigu atau 1 kg tepung tapioka diperlukan untuk mencampur 45 butir telur. Selanjutnya adonan di dadar tipis-tipis lalu dipotong kecil-kecil berukuran kurang lebih 2 x 4 cm. Kuali besar berisi minyak goreng yang dicampur sedikit samba digunakan untuk menggoreng. Potongan telur dadar dimasukkan sedikit demi sedikit dan digoreng hingga kering.

Kemudian potongan telur dadar dimasukkan ke dalam kuah santan. Rendang telur yang dihasilkan akan berwarna merah kecoklatan. Setelahnya rendang ditiriskan sampai betul-betul tiris. Telur dadar menjadi seperti kripik, kriuk-kriuk jika dimakan.

User Rating: 4.93 ( 4 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close