Nasional

Ritno Kurniawan Wakili Sumbar Terima Satyalancana

Tanda kehormatan Satyalancana diberikan kepada Ritno Kurniawan oleh Kemenpar RI Arief Yahya. Keberhasilannya membuka dan melestarikan destinasi wisata Air Terjun Nyarai, Lubuk Alung, Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat menjadikan dia layak menyandang tanda kehormatan tersebut.

Ritno adalah satu-satunya utusan dari Sumatera Barat untuk menerima penghargaan bergengsi itu di bidang pariwisata. Pria 31 tahun ini juga mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat.

Ia mengubah para pembalak liar menjadi pemandu wisata di Kawasan Ekowisata Nyarai, Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Ia kini memimpin 170 pemandu, 80 persennya mantan pembalak liar.

Kawasan ekowisata ini juga mulai ramai pengunjung. Sebulan, rata-rata ada 1.500-2.000 wisatawan berkunjung ke sana. Keberhasilan ini bermula dari keprihatinan Ritno saat pulang kampung, usai menamatkan pendidikannya di Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada 2012 lalu.

Sebagai salah seorang teladan pariwisata, Ritno berharap pariwisata Sumbar makin maju dan berkembang serta bermanfaat bagi masyarakat bahkan tetap arif terhadap lingkungan.

“Program nagari wisata kalau bisa digiatkan, karna dari nagarilah wisata itu muncul,” ujar Ritno saat dihubungi via WhatsApp.

Dengan begitu, destinasi pariwisata di Sumatera Barat semakin banyak dan akan menarik para pengunjung datang ke Ranah Minang.

Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Back to top button
Close
Close