50 Kota

Sarasah Murai: Air Terjun Tersembunyi di Lembah Harau

Berkunjung ke Sumatera Barat tidak lengkap rasanya sebelum menikmati indahnya pesona alam Lembah Harau. Lembah Harau tak hanya menyajikan pemandangan alam berupa lembah hijau yang dikelilingi bebatuan granit raksasa namun juga tujuh air terjun yang memukau.

Lembah indah ini berada di Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota yang berjarak lebih kurang 138 KM dari Kota Padang dan 47 KM dari Kota Bukittinggi.

©Photo: Septiyan Mandami

Salah Satu dari 7 air terjun itu ialah Sarasah Murai. Sarasah Murai adalah salah satu air terjun tersembunyi yang bertempat di pedalaman Lembah Harau. Tempat dimana masih ada kesunyian dan hutan rimba. Jauh dari keramaian dan pedesaan, tempat yang indah dan sejuk.

Lokasi Sarasah Murai berjarak lebih kurang 1 Km dari Sarasah Bunta, kalau dari tempat parkir kendaraan sekitar 200 meter. Untuk sampai di sini, kita harus melewati hutan kayu manis dan kebun coklat milik petani / warga sekitarnya.

Pada tempat ini, sering pada siang hari terlihat burung murai mandi sambil memadu kasih hingga masyarakat menamakannya Sarasah Murai. Di sini, kita bisa menikmati keindahan burung murai di sela pohon beserta merdu kicauannya.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags
Close
Close