Nasional

Sumbar Film Festival 2019: Terpilih 10 Film yang Berhasil Mencuri Banyak Perhatian

Padang – Festival film yang diinisiasi Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar Sumbar Film Festival (Surfival) 2019 yang berskala nasional.

Festival yang telah berlangsung mulai Tahun 2016 turut melibatkan para pegiat film dan komunitas di Sumatera Barat. Pada Tahun 2019, Surfival kali ini mengangkat tagline “Meminang Nusantara”.

Sumbar Film Festival (Surfival) 2019 merilis nominasi-nominasi film setelah melewati tahap kurasi yang dilaksanakan beberapa hari lalu. Film-film tersebut terdiri dari dua kategori yaitu Kategori Dokumenter dan Kategori Fiksi.

Dengan mengerucutnya jumlah film yang bertahan dan menjadi film-film nominasi, agenda Surfival 2019 semakin mendekati puncaknya. Film-film nominasi tersebut selanjutkan akan  dijurikan untuk memperebutkan kategori ide terbaik, pilihan juri, dan film terbaik pada Malam Anugrah yang akan berlangsung pada tanggal 18 Agustus 2019 nanti.

Ryan Candra Putra selaku salah satu tim kurator (ketua Koperasi Film Sumatera Barat) mengatakan bahwa film-film yang diterima tim kurator berasal dari berbagai daerah. Ada yang dari Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan, Banten, Bali, Makasar.

“Meskipun Surfival 2019 berskala nasional tetapi penilaian paling dasar tentu film-film yang lolos merupakan film-film yang sesuai dengan tema Surfival baik dokumenter maupun fiksi. Itu sudah pengetahuan umum setiap festival, namun sering dipandang sebelah mata karena lebih mementingkan teknik dan lain-lain” ungkap Ryan.

Selain Adi, turut juga bertugas sebagai kurator yaitu Adyatma Abirama, seorang penerima fasilitasi produksi Surfival 2018 dan nominator di Jogja Asian-NETPAC Internaional Film Festival, dan Elsa Rahmadani, seorang produser film dan finance Manager Andalas Film Exhibition. Menurut Elsa, film-film yang masuk nominasi memiliki ide yang menarik.

“Dibandingkan tahun 2018 film-film tahun ini memiliki variasi ide yang lebih banyak. Dalam artian, film-film yang masuk dari tahun ke tahun semakin meningkat dari segi kualitas” jelas Elsa.

Lihat juga :   Kemenpar Gelar Bimtek Incentive Travel di Sumbar

Berikut Adalah 10 Film Nominasi Surfival 2019

Lima film nominasi Kategori Dokumenter yaitu,

  1. Tanah Datar Luhak Nan Tuo sutradara Ahmad Zuriyatul Khiari dari rumah produksi Tugas Anjay Studio,
  2. Masijago Pora Mai ( Menjaga Tanah Adat) sutradara Gilang Syahbani dari DAAI TV,
  3. Bungo Lado sutradara Andri Maijar dari rumah produksi Rumpun Creative,
  4. Surau Kito sutradara Rizqy Vajra J dari Institue Seni Indonesia Yogyakarta,
  5. Langkitang dan Pensi sutradara Suwanda Kurnia Maufdi dari Universitas Andalas.

Lima film nominasi Kategori Fiksi yaitu,

  1. Surek Sutradara Rizky Andrian dari rumah produksi Stereotype,
  2. Mandeh sutradara Roby Anggara dar Institue Kesenian Jakarta,
  3. Raso sutradara Yogi Sapta Hadi dari rumah produksi Sarang Musang Picture,
  4. Pesawat Kertas sutradara Zahrah Yuni Alda dari rumah produksi Ruang Mitos Films,
  5. Sarumpun sutradara Afrinal dari rumah produksi Sarang Musang Picture.  (*)

Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

User Rating: 5 ( 1 votes)

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close