Internasional

Sumbar Jadi Tuan Rumah IMT-GT 2020 Mendatang

Sumbar Jadi Tuan Rumah IMT-GT 2020. Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah ditetapkan menjadi tuan rumah kegiatan IMT-GT pada tahun 2020 mendatang. Provinsi Sumbar akan mewakili Indonesia dalam pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Krabi, Thailand pada tanggal 10 hingga 14 September 2019.

Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu anggota untuk delegasi Republik Indonesia dalam pertemuan Chief Minister’s and Governors’ Forum (CMGF) ke-16 dan rangkaian pertemuan tingkat Menteri IMT-GT yang ke dua puluh lima.

Pertemuan CMGF ini memiliki tujuan menyediakan dan mempersiapkan kerangka kerja regional dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dari setiap provinsi yang tergabung dalam anggota IMT-GT.

Indonesia–Malaysia–Thailand menjadi segitiga pertumbuhan yang dimulai sebagai integrasi ekonomi dan upaya awal liberalisasi di ASEAN. Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle disahkan secara resmi oleh Soeharto (Presiden Indonesia Ke-2), Chuan Leekpai (Perdana Menteri Thailand), dan Tun Dr. Mahathir Mohammad (Perdana Menteri Malaysia) pada tahun 1993 silam.

Dengan berpartisipasinya Sumatera Barat dalam pertemuan IMT-GT, perkembangan pencapaian target Implementation blue print IMT-GT dan program kerja IMT-GT yang akan dilaksanakan tahun 2020 mendatang bisa diketahui.

Terkait kesiapan Sumatera Barat menjadi tuan rumah, Irwan Prayitno (Gubernur Sumatera Barat) sempat memaparkan beberapa hal tentang peluang investasi di Sumatera Barat. Salah satunya dalam bidang pariwisata. Dengan adanya cultural tourism, marine tourism dan ecotourism akan sangat mudah untuk membuka peluang investasi seperti hotels, golf course, private resort, cottages, camping ground, marina dan seaside plaza, dan berbagai fasilitas wisata lainnya.

Selanjutnya dalam bidang energi, peluang investasi yang bisa di ambil adalah untuk pengembangan hydropower dan geothermal. Dalam bidang perikanan, peluang investasi bisa muncul pada komoditi perikanan seperti budidaya mutiara, budidaya ikan tuna, budidaya udang, dan budidaya rumput laut. Serta akan ada juga peluang kerjasama dalam eksport dan perdagangan. Misalnya kopi, bisa dijadikan sebagai salah satu komoditi utama dalm hal ini.

IMT-GT adalah pertemuan tiga negara besar yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand

 

Lihat juga :   Wako Solok Lepas Peserta MTA di Taman Pramuka Pulau Belibis

Negara Thailand telah melibatkan sebanyak empat belas (14) provinsi bagian selatan, yakni Phuket, Songkhla, Ranong, Narathiwat, Krabi, Yala, Nakhon Si Thammarat, Phang Nga, Pattani, Phattalung, Satun, Trang, Chumphon, dan Surat Thani.

Negara Malaysia juga ikut melibatkan sebanyak delapan (8) negara bagian di semenanjung Malaysia, yakni Negeri Sembilan, Kedah, Perlis, Perak, Kelantan, Selangor, Melaka, dan Penang .

Sedangkan negara Indonesia hanya melibatkan sebanyak sepuluh (10) provinsi saja dari pulau Sumatera, yaitu: Lampung, Aceh, Bengkulu, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Riau, dan Kepulauan Riau.

(Sumbar Jadi Tuan Rumah IMT-GT 2020). Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close