Skip to main content

8 Tips Liburan Seru, Hemat Dan Menyenangkan Yang Harus Anda Ketahui

Setiap hari kita selalu beraktivitas dan melakukan berbagai macam pekerjaan yang membuat tubuh ini terasa lelah dan pikiran menjadi stres. Jika kondisi ini sudah terjadi pada tubuh kita, sudah waktunya untuk istirahat supaya tubuh dan pikiran kembali normal.

Liburan merupakan salah satu istirahat untuk tubuh dan pikiran yang bisa kita jalani. Bahkan saat ini kita bisa melihat di sosial media, banyak sekali traveller yang menjadikan liburan sebagai gaya hidup.

Dengan liburan, kita bisa menenangkan pikiran, menghilangkan kejenuhan dan mengisi kembali energi dari segala pekerjaan yang hampir setiap hari dilakukan.

Liburan yang aman, hemat, seru dan menyenangkan tidak harus ke luar negeri. Karena di Indonesia, lokasi liburannya sangat banyak, destinasi wisatanya sangat indah, sehingga Anda tidak perlu berpisah jauh dengan keluarga.

 

8 Tips Liburan Seru, Hemat Dan Menyenangkan

 

Jadi, untuk Anda yang ingin liburan lebih aman, hemat, seru dan menyenangkan, Anda bisa membaca tips liburan berikut ini:

 

1. Mencari Lokasi Liburan Yang Tepat

Sebelum pergi untuk berlibur bersama teman atau keluarga, sebaiknya anda menentukan terlebih dahulu lokasi liburan yang tepat.

Nah, gimana caranya biar ngak salah memilih lokasi liburan?

Cara terbaik untuk memilih lokasi liburan adalah dengan melihat survei yang telah dilakukan di internet, membaca buku-buku wisata, melihat siaran tv atau radio, dan membaca majalah pariwisata.

Yang perlu diperhatikan ketika mencari lokasi liburan adalah faktor keselamatan. Misalnya, Anda suka ke tempat wisata alam, anda harus mencari informasi tentang keadaan lingkungan di lokasi tersebut. Ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan.

 

2. Mempersiapkan Transportasi Menuju Lokasi Liburan

Setelah anda memnentukan lokasi liburan yang tepat, sekarang anda harus mempersiapkan transportasi untuk menuju ke sana. Berikut ini beberapa transportasi yang bisa digunakan:

 

Mobil Pribadi

Jika Anda memilih mobil pribadi sebagai alat transportasi untuk menuju lokasi liburan, periksalah terlebih dahulu kondisi mobil Anda. Pastikan mobil anda dalam kondisi sehat dan prima. Ada baiknya jika mobil di service terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

Keuntungan jika menggunakan mobil pribadi, Anda bisa membawa bekal untuk menghemat biaya perjalanan selama liburan. Dan anda bisa menikmati suasana keindahan alam selama perjalanan.

Pesawat

Jika anda memilih pesawat sebagai alat transportasi menuju lokasi liburan, Anda harus memilih maskapai yang bagus. Anda bisa melihatnya dari track record penerbangan, review dari orang yang telah naik pesawatnya, atau melihat berita di tv dan mendengarkan radio.

Pesanlah tiket jauh hari, untuk mendapatkan harga yang murah dan menghindari tiket habis.

 

3. Memilih Waktu Yang Tepat Untuk Liburan

Menentukan waktu untuk liburan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, jangan sampai waktu yang dipilih bentrok dengan pekerjaan yang sedang kamu ambil atau ada kegiatan yang harus diikuti.

Jika anda memilih waktu liburan ketika hari libur sekolah atau musim liburan, otomatis anda akan mengeluarkan biaya yang mahal selama liburan. Biasanya, harga akan naik sampai 2x lipat jika musim liburan tiba.

Tapi tidak ada salahnya juga jika anda mengambil waktu ketika musim liburan, Anda akan melihat keramaian dan bisa juga mendapatkan teman/relasi baru disana.

Jika anda memilih waktu liburan ketika bukan musim liburan, anda bisa lebih leluasa untuk menikmati keindahan tempat wisata tersebut. Anda bisa mendapatkan suasana yang lebih tenang karena sepinya wisatawan yang datang.

Bagi traveller, mereka lebih memilih waktu bukan musim liburan untuk pergi berlibur, karena mereka akan mengambil foto-foto unik, keren dan menakjubkan dari destinasi wisata yang dikunjungi untuk di upload ke sosial media.

 

4. Mempersiapkan Kebutuhan Liburan

Jika anda sudah menetapkan waktu liburan, ada baiknya anda mempersiapkan perlengkapan untuk kebutuhan dalam perjalanan dan di lokasi liburan nantinya. Jangan sampai Anda kecewa karena ada sesuatu yang penting tertinggal dan membuat liburan Anda menjadi tidak menyenangkan.

Buatlah sebuah catatan di kertas untuk barang-barang yang akan Anda bawa. Terus simpanlah catatan tersebut di tempat yang mudah di ingat. Ini akan mengurangi resiko jika ada barang-barang penting yang akan tertinggal.

Bagi Anda wisatawan muslim, jangan lupa untuk membawa perlengkapan sholat. Dengan membawa perlengkapan sholat sendiri, ibadahpun akan terasa tenang dan tidak terburu-buru.

 

5. Persiapkan Kondisi Tubuh

Jika waktu berangkat liburan hampir dekat atau tinggal beberapa hari lagi, jagalah kondisi fisik tubuh Anda. Jangan sampai Anda sakit di saat Anda sedang di tempat liburan. Anda bisa berolah raga, istirahat yang cukup, dan menjaga pola makan.

Satu hari sebelum berangkat, tidurlah lebih awal, supaya besoknya ketika berangkat bisa dalam keadaan segar dan tidak mengantuk.

 

6. Membawa Uang Tunai

Uang tunai sangat dibutuhkan sekali ketika Anda berada di lokasi wisata. Bawalah uang tunai secukupnya, agar tidak digunakan untuk berfoya-foya dan memberatkan isi dompet.

Bagilah uang tunai yang dibawa dengan pecahan besar dan pecahan kecil. Karena di lokasi liburan biasanya tidak ada tempat penukaran uang besar dan sulit juga mencari ATM untuk beberapa lokasi wisata di Indonesia. Dan uang kecil dibutuhkan sekali ketika anda ingin ke Toilet.

 

7. Berbelanja di Lokasi Liburan

Berbelanja, sesuatu yang pasti akan Anda lakukan di lokasi liburan. Belilah oleh-oleh secukupnya dan tidak berlebih-lebihan untuk menghemat biaya liburan anda. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Untuk tempat berbelanja, ada baiknya Anda mencari di internet telebih dahulu. Setelah itu Anda bisa bertanya kepada masyarakat setempat untuk oleh-oleh yang murah dan bagus.

Barang-barang yang Anda beli dilokasi wisata akan menjadi kenang-kenangan untuk mengingat momen-momen indah liburan di sana. Dan ini akan menjadi bukti untuk cerita Anda kepada teman-teman, sahabat dan keluarga.

 

8. Melakukan Evaluasi Liburan

Mulai dari berangkat liburan sampai dengan kembali dari liburan, cobalah untuk mencatat semua pengeluaran Anda. Ini dilakukan supaya Anda bisa mengetahui berapa biaya perjalanan untuk satu kali liburan ke destinasi wisata yang sudah dikunjungi. Jika Anda telah mengetahuinya, tidak sulit untuk mempersiapkan dana untuk liburan selanjutnya ke sana.

Untuk mencatat pengeluaran selama liburan bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi di handphone. Sudah banyak sekali aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan di handphone untuk mencatat pengeluaran.

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi setelah selesai liburan, misalnya:

Apa saja yang anda suka atau tidak suka jika liburan ke sana?

Jalan yang mana lebih efektif jika liburan ke sana?

Makanan apa yang belum dan sudah di coba?

Dan yang lainnya.

Lakukanlah evaluasi ini bersama teman, sahabat, pasangan atau keluarga Anda, sehingga ada kesimpulan yang bisa diambil jika liburan ke sana.

 

Kesimpulan

 

Itulah 8 tips liburan yang bisa membantu anda supaya liburannya lebih aman, hemat, seru dan menyenangkan yang bisa Anda coba. Semoga informasi yang diberikan pada artikel ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *