NewsSumbar

Tugu Photocopy: Lambang dan Pemersatu Para Perantau Nagari Atar (Sumbar)

Desa Asal Pengusaha Photocopy Sukses

Setiap daerah di Sumatera Barat memiliki ciri khas dan keunikan yang akan di jadikan sebagai lambang pada daerah tersebut. lambang itu biasanya akan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Jika Anda berkunjung ke salah satu Nagari (desa) di Sumatera Barat, anda akan menemukan sebuah lambang berupa tugu yang unik dan hanya ini satu-satunya di Indonesia. Anda bisa melihat tugu ini ketika menempuh perjalanan dari Batusangkar menuju Sijunjung.

Tugu yang unik ini dibangun di Nagari Atar dan diberi nama Tugu Photocopy. Tugu ini benar-benar mirip dengan mesin photocopy. Bahkan ukurannya cukup besar dan terlihat jelas dari jalan raya. Anda pasti akan heran, kok namanya photocopy ya…

“Nagari asal pengusaha Photocopy sukses” Nagari Atar

Sejarah Tugu Photocopy Atar

Sebagain besar masyarakat Nagari Atar adalah perantau. Banyak yang berprofesi sebagai pedagang dan pengusaha di rantau. Untuk mempersatukan para perantau ini, dibentuklah sebuah organisasi yang bernama IWATAR (Ikatan Warga Atar). Anggotanya tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Sebagian besar dari para perantau Nagari Atar banyak yang membuka usaha photocopy di rantau. Telah banyak yang sukses di bidang usaha photocopy. Bahkan sudah ada yang menjadi supplier dan importir mesin photocopy.

Karena banyaknya perantau yang membuka usaha photocopy, maka dibangunlah sebuah tugu yang menyerupai mesin photocopy di Nagari Atar yang di beri nama Tugu Photocopy. Tugu ini dibangun dari dana hasil patungan para pengusaha photocopy yang telah sukses di rantau.

Tugu ini menjadi simbol/lambang dan pemersatu antara perantau Nagari Atar yang telah tersebar di hampir seluruh Indonesia. Masyarakat Nagari Atar yang ada di kampung berkeinginan supaya para perantau ingat akan kampung halamannya, tempat dimana mereka bermain dan dibesarkan.

Para perantau juga mengumpulkan dana untuk perkembangan dan pembangunan Nagari Atar. Bagi perantau yang telah sukses, mereka akan membawa anak dan kemenakannya untuk di didik sampai sukses seperti mereka dalam usaha photocopy.

 

Lokasi Tugu Photocopy

Tugu Photocopy ini terletak di Jorong Lareh Nan Panjang, Nagari Atar, Kecamatan Padang Gantiang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Video Tugu Photocopy

Penasaran seperti apa Nagari Atar dan bagaimana bentuk tugunya?, yuk nonton video berikut ini, Minangtourism kutip dari Youtube “Afri Wiwindasari“.

Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close