Sumbar

Wako Solok Lepas Peserta MTA di Taman Pramuka Pulau Belibis

Memasuki hari kedua, Sabtu (20/7), Minang Trail Adventure (MTA), setelah kemarin menyelesaikan etape kesatu start di Padangpanjang dan Tanah Datar, finish di Pulau Belibis Obyek Wisata kebanggaan Kota Solok.

Ratusan peserta baik dari dalam dan luar negeri menyatakan kepuasannya atas keindahan alam sepanjang track yang dilalui terutama keindahan Danau Singkarak yang dinikmati dari ketinggian.

Mr. Ang Xi Han, salah satu peserta internasional dari Kedah, Malaysia, dengan antusias memperlihatkan foto dirinya di daerah Tanjung Alai, Kabupaten Solok yang dengan pemandangan Danau Singkarak dari ketinggian. Salah satu spot yang dia share di akun Facebook miliknya.

Dengan bersemangat, Mr. Ang Xi Han memuji keindahan alam yang dinikmati sepanjang jalur yang dia lewat dan menyatakan akan kembali lagi ke Sumatera Barat untuk berlibur bersama keluarga.

Kabid Pemasaran Hendri Agung hadir mewakili Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar ditemui di lokasi finish Taman Pramuka Pulau Belibis yang juga berdialog dengan Mr. Ang Xi Han menyatakan kegembiraannya.

“Ini adalah salah satu hasil utama dari sebuah event yang kita harapkan dari peserta internasional, yaitu mereka foto di spot-spot yang indah dan share di akun medsos mereka, mempromosikan keindahan alam Sumatera Barat. Bayangkan ratusan peserta sharing foto-foto indah seperti ini di akun medsos mereka. Untuk itu sangat penting sekali juga untuk menjaga kebersihan. Jangan sampai alih-alih sharing foto-foto yang indah wisatawan malah sharing foto tumpukan sampah,” ujar Agung dengan sangat antusias.

Agung menambahkan bahwa dia terlupa untuk membooking penginapan jauh-jauh hari dan sangat kesulitan mencari akomodasi di Kota Solok tadi malam, sudah di telepon dan keliling Kota Solok, dari mulai losmen, motel, guests house, hotel, semua penuh.

Lihat juga :   Destinasi Wisata Museum Goedang Ransoem

“Nyaris saya tidur di mobil, alhamdulillah sahabat baik saya Haris Hadis Kapolres 50 Kota yang juga peserta MTA berbaik hati menawarkan untuk sharing kamar berdua dengan dia. Ini adalah dampak nyata dari event yang diselenggarakan di suatu daerah, roda perekonomian bergerak makin cepat, selain hotel, rumah makan dan toko-toko swalayan sekitar juga ramai diserbu pengunjung,” pungkas Agung.

Ibu Dewi, istri dari salah seorang peserta yang datang dari Jawa Tengah beserta kedua anaknya yang masih balita mengaku sangat senang berada di Sumatera Barat, selain alam yang indah, kuliner yang di nikmati sangat memuaskan selera.

Pagi ini peserta MTA dilepas oleh Walikota Solok Zul Elfian bersama Ketua Umum Ikatan Trail Adventure (ITA) Sumatera Barat Risnaldi yang juga anggota DPRD Sumbar dan Kabid Pemasaran Hendri Agung mewakili Kepala Dinas Pariwisata Sumbar untuk menempuh etape ke-2 yaitu menelusuri Taman Pramuka Pulau Belibis, Simpang Dama, Laiang, Saok Laweh, Gauang, Payangkalan, Kinari, Bukik Tandang, Tabek, Bukik Sileh, dan finish di Alahan Panjang.

Wako Zul Elfian sangat senang dan apresiasi dipilihnya Kota Solok sebagai lokasi finish etape 1 dan start etape 2. (Wako Solok Lepas Peserta MTA)

Dampak positifnya selain promosi potensi pariwisata daerah juga meningkatkan ekonomi masyarakat dan PAD dengan penuhnya penginapan dan rumah-rumah makan serta toko-toko tempat para peserta berbelanja.

Wako Solok Lepas Peserta MTA. Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

User Rating: 5 ( 1 votes)
Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

/* */
Back to top button
Close
Close