Nasional

Warisan Dunia yang Ke-9 untuk Indonesia

Sebelumnya Indonesia sudah memiliki total 8 Warisan Dunia

Terdapat empat warisan kategori budaya, yaitu Kompleks Borobudur (1991), Kompleks Candi Prambanan (1991), Situs Manusia Purba Sangiran (1996), dan Lansekap Budaya Provinsi Bali: Sistem Subak sebagai Manifestasi dari Filosofi Tri Hita Karana (2012).

Adapun empat warisan kategori alam milik Indonesia adalah Taman Nasional Ujung Kulon (1991), Taman Nasional Komodo (1991), Taman Nasional Lorentz (1999), dan Hutan Hujan Tropis Sumatera (2004).

“Setelah ditetapkan menjadi warisan dunia, tugas kita sekarang adalah melestarikan dan menjaga agar kawasan Tambang Batu Bara Ombilin di Sawahlunto ini tetap terjaga” ujar Hilmar Farid ketika Taklimat Media Penetapan Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO di Museum Nasional, Minggu 7 Juli lalu.

Menurut Dirjen Kebudayaan itu hal yang paling mendesak adalah menggali potensi pariwisata yang ada di Kota Sawahlunto, dengan cara mengangkat narasi yang akan digunakan sebagai media promosi.

“Keputusan untuk menjadikan kawasan Ombilin sebagai destinasi budaya dan pariwisata harus dirumuskan bersama antara Kemendikbud, Kemenpar, Kemenpupr, Bekraf, dan stakeholder terkait lainnya.

Butuh proses untuk merumuskan narasi yang akan diangkat, dan kita sedang berada di tahap tersebut” tegasnya.

Pengangkatan statusnya menjadi warisan dunia diharapkan berdampak positif untuk masyarakat.

Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Back to top button
Close
Close