Sumbar

Wisata Halal Sumatera Barat Menjadi Objek Penelitian

Wisata halal Sumatera Barat semakin menjadi pilihan banyak wisatawan nasional dan internasional, bahkan memancing akademisi dari berbagai perguruan tinggi, untuk melakukan penelitian di daerah ini. Belum lama ini, mahasiswa pasca sarjana Universitas Islam Nasional (UIN) Sumatera Utara mengkaji peran Penta Helix dalam pengembangan wisata halal.

“Perlu wawancara dengan lima elemen (pentahelix-red) dalam pengembangan pariwisata Halal,” sebut Murah Syahrial, mahasiswa S3, program studi ekonomi syariah, UIN Sumut ketika bertemu pengurus Genpi Sumbar.

Syahrial, ingin mengetahui bagaimana proses awal penghargaan wisata halal dan peranan Pentahelix dalam pengembangannya. Pentahelix, merupakan sebutan untuk lima elemen pariwisata yaitu, pemerintah, akademisi, swasta, komunitas dan media.

“Penelitian wisata halal Sumatera Barat sudah jamak dilakukan sejak daerah ini meraih berbagai penghargaan wisata halal nasional maupun internasional,” sebut Tandri Eka Putra, penasehat GenPI Sumbar didampingi Ariz Purnama, Koordinator GenPI Sumbar 2019-2020.

Tandri yang juga koordinator GenPI Sumbar tahun 2016 menyatakan keberhasilan Sumbar tidak lepas dari peran lima elemen Penta Helix. “Di Sumbar kebersamaan itu jadi simbol kekuatan. Istilah Basamo Mangko Manjadi (Bersama akan jadi/terwujud) sering digaungkan,” sebutnya.

Ia juga menyebutkan tahun 2016, dengan kebersamaan juga merencanakan terbentuknya semacam forum atau kelompok kerja (PokJa) pariwisata Sumbar yang akan berisi unsur Penta Helix. Namun proses tersebut, hanya sampai pada draf SK Gubernur Sumbar. Pada tahun yang sama, juga telah terbentuk Forum Sumbar Kreatif untuk menyatukan seluruh elemen ekonomi kreatif Sumatera Barat.

Sumbar juga sedang mempersiapkan Peraturan Daerah (Perda) wisata halal. Pada April tahun 2016, regulasi untuk mengatur wisata halal telah dikemukakan wakil ketua DPRD Sumbar, ketika menyambut tim pembuat Peraturan Daerah (Perda) inisiatif dari DPRD NTB. Tahun 2017, secara bertahap dimulai proses penyusunan Perda pariwisata halal Sumbar. Diperkirakan tahun ini Perda Penyelenggaraan Pariwisata Halal yang masuk Propemperda Provinsi Sumbar Tahun 2019, b akan selesai. (*)

Prestasi Wisata Halal Sumatera Barat:

1. Meraih Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016, yaitu destinasi, kuliner, rumah makan (lamun ombak) dan operator tour (ero tour).
2. Tiga kategori wisata halal tingkat internasional dalam World Halal Tourism Award (WHTA) 2016.
3. Tiga besar dari 10 destinasi wisata halal unggulan IMTI 2018 (Sumatera Barat skor 55).

Untuk informasi wisata silakan kontak Dinas pariwisata Sumatera Barat dan kunjungi situs sumbar.travel.

Tags

Amin

Saya bersama Tim sedang mengerjakan jejaring sosial pariwisata Sumatera Barat, mohon bantuan dan doanya. Founder of @minangtourism

Related Articles

Back to top button
Close
Close